Prakarya dan Kewirausahaan #Kelas X

Prakarya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pekerjaan tangan (pelatihan di sekolah). Menjahit dan bertukang adalah salah satu contoh prakarya. Prakarya juga dapat diartikan sebagai keterampilan.

Prinsip mata pelajaran Prakarya adalah kreativitas. Dengan kemampuan kreatif dan dibantu dengan teknologi dasar sebagai sistem kerja yang akurat akan menghasilkan kompetensi keterampilan tinggi. Prinsip pengembangan materi itu sendiri adalah mendudukan bahan dan alat sebagai medium pelatihan kompetensi keterampilan tersebut.

Berikut ini adalah peta konsep untuk materi satu tahun ajaran mata peajaran Prakarya (berbasis TIK) dan Kewirausahaan Kelas X.

prakarya

Di semester 1 siswa akan dikenalkan terlebih dahulu dengan definisi wirausaha dan kewirausahaan serta mengenal tokoh wirausaha dalam bidang teknologi.

Siswa akan berperan sebagai wirausaha dalam bidang desain grafis. Maka, untuk itu mereka harus memiliki keterampilan mendesain. Pada semeser satu ini siswa akan belajar menggunakan berbagai menu dan ikon untuk menghasilkan sebuah karya desain grafis.

Di semester 2, siswa belajar untuk membuat sebuah business plan untuk produk usahanya. Berikut adalah gambaran rancangan business plan yang akan mereka buat.
Canvas-with-Problem-and-Customer-Segment
sumber: http://www.furld.com/2011/lean-canvas-problem-customer-segment/

Siswa juga akan membuat bauran pemasaran yang melingkupi 4 P (Product, Price, Position, Promotion).
Termasuk promosi adalah menentukan media promosi yang akan digunakan baik media promosi offline dan online.

Kira-kira demikianlah gambaran singkat mengenai kegiatan belajar yang akan kami terapkan :). Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.