Program Grafis Desain

Kelas X, program pengolah grafis Inkscape dapat diunduh di sini. Silakan mengunduh sesuai dengan platform sistim operasi yang kalian gunakan di PC dan laptop masing-masing.

Program pengolah grafis adalah program yang umumnya digunakan untuk mendesain poster, logo, dan lain-lain.

Program pengolah grafis dibedakan menjadi 2, yaitu:
1. Program pengolah grafis berbasis bitmap
2. Program pengolah grafis berbasis vektor

Apa bedanya?

1. Pengolah Grafis Vektor
digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor atau garis dan kurva. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik garis lurus, lengkung, dan kurva.

Contoh program aplikasi pengolah grafis berbasis vektor adalah: Corel Draw dan Macromedia Freehand (untuk program berbayar) dan Inkscape (untuk program tidak berbayar atau gratis).

Inkscape dapat kalian unduh secara gratis di Internet. Program ini dapat dijalankan di berbagai platform sistim operasi, seperti Windows, Linux, dan MAC OS.

2. Pengolah Grafis Bitmap
Program ini digunakan untuk mengolah gambar atau memanipulasi foto (photo retouching).
Seluruh objek yang diolah dalam program ini berupa kombinasi beberapa titik atau piksel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya foto. Selain itu, program ini juga dapat mengolah teks dan garis, namun dianggap sebagai kumpulan piksel.

Yang termasuk ke dalam kelompok program grafis bitmap diantaranya: Adobe Photoshop (untuk aplikasi berbayar) dan Gimp (untuk aplikasi gratis). Seperti juga Inkscape, Gimp dapat diunduh secara gratis di situs mereka di sini. Gimp pun dapat dijalankan di komputer yang menggunakan sistim operasi Windows dan Linux.

Leave a Reply

Your email address will not be published.