Produk Rekayasa Pembangkit Listrik Energi Surya

Pertemuan: 8
Materi: Produk Rekayasa Pembangkit Listrik Energi Surya

Pembangkit listrik energi surya sering disebut dengan istilah photovoltaic (PV) merupakan teknik mengubah energi sinar matahari menjadi energi listrik melalui sel surya (solar cel) secara langsung.

Sel surya terdiri atas foton yang memiliki jumlah energi yang berbeda pada spektrum cahaya. Foton yang dapat membangkitkan energi listrik adalah yang terserap oleh sel surya.

Panel surya tidak menyimpan energi tetapi mengalirkan cahaya secara langsung yang kemudian dikonversi menjadi energi listrik. Untuk menyimpan energi cahaya dari matahari dapat menggunakan bantuan baterai atau aki.

Kelebihan panel surya:
1. life span atau rentang penggunaan bisa sampai 50 tahun.
2. energi yang ramah lingkungan

Kekurangan:
1. Performa pembangkitan listrik tenaga surya bergantung pada lokasi, hari, tahun, dan kondisi iklim.
2. Sisi perawatan baik modul solar sel dan aki membutuhkan ketekunan dan ketelitian.

Slide pembelajaran dapat lihat di sini

Video

Contoh produk rekayasa pembangkit listrik energi surya

Berikut ini adalah video KBM untuk materi produk rekayasa energi surya. Produk berupa lampu led, mobil, lampu led kerlap-kerlip.
Dokumentasi: pribadi
Produk rekayasa: pribadi

Rangkaian elektronika untuk lampu led, mobil, dan led kelap-kelip.
Sebagai panduan pemula maka siswa dikenalkan dengan rangkaian elektronika dan penempatan komponen elektronika pada papan PCB. Namun pada demo ini PCB digantikan dengan Breadboard (papan roti :)). Perbedaan PCB dengan Breadboard maka pada breadboard tidak memerlukan solder. Kaki komponen dapat ditusuk langsung ke lubang-lubang yang di dalamnya sudah ada pola jalur listrik.

Breadborad
download

PCB
download (1)

Rangkaian elektronika
1. led
rangkaian led1

Jika ingin ditambahkan baterai untuk menyimpan energi maka boleh ditambahkan simpul untuk baterai. Maka rangkaian elektronikanya akan menjadi seperti ini:
rangkaian led1b

Jika diaplikasikan ke bearboard akan tampak seperti di bawah ini:
(Penempatan komponen pada bearboard boleh dimana saja, yang perlu diperhatikan adalah urutan pada kompon di rangkaian elektronika-nya).

led-breadboard

2. Mobil
mobil

3. Led kelap-kelip
led-kelip

Setelah mengikuti kegiatan di atas diharapkan siswa dapat memahami cara kerja panel surya serta kelebihan dan kekurangan panel surya. Siswa juga mampu membuat produk rekayasa pembangkit listrik energi surya sederhana.

Untuk keperluan komponen elektronika coba ke marketplace di Tokopedia atau Bukalapak. Untuk offline coba ke Kembang Sepatu di pasar Senin.
Atau ke http://www.komponenelektronika.com (Tapi Ibu belum pernah coba).

Untuk skema rangkaian elektronika bisa cari di internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.