Semester Genap – Let’s Start Coding, kids :)

Seperti kalian ketahui, dunia berubah dengan sangat cepat seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Robotisasi dan otomatisasi bermunculan. Oleh karena itu manusia dituntut untuk dapat lebih memaksimalkan otaknya untuk berpikir logis dengan data, terstruktur dan sistematis (yang merupakan konsep dasar berpikir komputasi). Nah, cara untuk melatih otak kita berpikir komputasi adalah melalui pemrograman.

Di semester ganjil ini kalian akan belajar menjadi seorang web developer. Apa itu web developer? Dikutip dari sini, web developer atau pengembang web adalah mereka yang bekerja untuk merancang, membuat, dan memelihara situs web dan aplikasi web. Jadi bisa diartikan pengembang web adalah seseorang yang berhubungan dengan pembuatan suatu website.

Pengembang web dibagi menjadi tiga yaitu Frontend, backend, dan fullstack.

Frontend Web Developer adalah pengembang web yang bertugas mendesain dan membangun antarmuka web. Frontend developer juga bertanggung jawab dalam membangun bagian interface dari sisi user.  Seorang Frontend Developer harus menguasai beberapa bahasa pemrograman, dan hal ini hukumnya wajib. Apa saja sih yang harus dikuasai Front End Developer? Yang pertama yaitu HTML, kemudian CSS dan Javascript

Backend Web Developer adalah seseorang yang bertugas mengelola bagian sisi dalam website seperti server, aplikasi dan database. Seorang backend developer bertugas melakukan perhitungan, menyimpan data pengguna, memproses form pendaftaran, dan lain sebagainya. Seorang Backend Developer harus menguasai beberapa bahasa pemrograman, Apa saja sih yang harus dikuasai Front End Developer? Bahasa programmer yaitu PHP, Python, NodeJS, SQL dan beberapa bahasa pemrograman lainnya seperti Ruby.

Fullstack Web Developer adalah pengembang web yang bertugas membuat sisi luar dan dalam website. Jadi fulstack developer harus menguasi frontend dan backend sekaligus. Menjadi seorang fullstack developer itu sulit, Dengan adanya NodeJS tadi pekerjaan fullstack developer menjadi lebih dipermudah. Bahkan survey yang dilakukan di Stackoverlow bahwa javascript paling banyak digunakan baik untuk frontend, backend maupun fullstack developer.

Nah, sebagai langkah awal kita akan belajar menjadi seorang frontend web developer.

Lalu, apa hubungannya dengan PKWU? Ada donk :). Kalian akan membuat situs company profile. Contohnya bisa lihat di sini ya.

Oke, kita lanjut besok lagi ya đŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published.