Teknologi Tepat Guna

Materi: Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XII
Aspek: Rekayasa (Teknologi Tepat Guna)

Menurut Wikipedia, teknologi tepa guna secara umum adalah teknologi yang dirancang bagi suatu masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, keetisan, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan.

Dari tujuan yang dikehendaki, teknologi tepat guna haruslah menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat, dan berdampak polutif seminimal mungkin dibandingkan dengan teknologi arus utama, yang pada umumnya beremisi banyak limbah dan mencemari lingkungan.

Pendukung teknologi tepat guna pada masa modern juga menekankan bahwa teknologi tepat guna adalah teknologi yang berbasiskan pada manusia penggunanya.

Beberapa kriteria agar suatu teknologi dapat dikategorikan sebagai teknologi tepat guna. Antara lain adalah sebagai berikut:
1. Teknologi tersebut dapat digunakan oleh sumber-sumber yang tersedia di berbagai tempat.
2. Teknologi yang diterapkan sesuai dan cocok dengan kondisi sosial ekonomi yang berlaku.
3. Teknologi yang digunakan bisa memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat.
4. Masyarakat mampu mempelajari, menerapkan, serta memelihara teknologi tepat guna tersebut.

Teknologi tepat guna juga dapat digunakan di bidang teknologi digital. Contohnya adalah penggunaan teknologi NFC (Teknologi Near Field Communication) di layanan e-Money atau kartu tol.

Teknologi tepat guna juga bisa diterapkan pada aplikasi-aplikasi digital yang kebermanfaatannya bisa dirasakan oleh banyak orang.

Untuk slide pembelajaran mengenai teknologi tepat guna dapat dilihat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.