Inkscape #1

Untuk kalian yang suka menggambar, program pengolah grafis berbasis vektor ini cukup bisa diandalkan selain Corel Draw. Inkscape adalah program grafis yang dapat kalian unduh gratis di internet. Kalian bisa mengunduhnya di sini.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa kamu kerjakan.

Mengubah posisi kertas
1. Pilih menu File, lalu klik Document Properties.
2. Pada kotak dialog Document Properties, di tab Pages pada pilihan Orientation, beri tanda centang pada pilihan Portrait untuk posisi kertas vertical. Dan pilih Landscape untuk posisi mendatar atau horisontal.
inkscape

Membuat teks yang mengikuti alur sebuah objek
1. Klik ikon Create and edit text objects. Buatlah teks.
inkscape2
2. Klik ikon Select and transform objects untuk mengatur ukuran gambar (mengecilkan atau membesarkan teks).
inkscape3
3. Untuk mengubah jenis huruf, klik objek teks sampai muncul bingkai di sekelilingnya. Kemudian, klik ikon Text and Font (berhuruf T).
3. Selanjutnya, klik ikon Create Spirals untuk membuat alur objek. (catatan: untuk alur objek dapat berupa objek apapun, bisa lingkaran, bisa garis atau objek buatanmu sendiri).
4. Pilih kedua objek. Caranya, klik ikon Select and transform objects. Lalu klik teks. Sambil menekan tombol Shift, klik juga ikon spiral sehingga kedua objek terpilih.
inkscape4
5. Kemudian pilih menu Text. Lalu klik Put on Path. Lihat, teks akan mengikuti alur objek spiral.
6. Untuk menghapus objek bantu, klik kanan mouse dan pilih Fill and Stroke. Atau bisa juga dengan mengeklik kanan ikon Fill di status bar jendela Inkscape. Pilih tab Fill Stroke dan klik tanda silang untuk menghapus garis tepi objek bantu.
inkscape5

Memodifikasi objek
Sebuah objek dapat diubah-ubah bentuknya. Sebagai contoh, objek lingkaran dapat dibuat setengah lingkaran dan sebagainya. Demikian juga dengan objek kotak dan lainnya.
1. Klik ikon Create circles, ellipses, and arcs. Buat gambar lingkaran.
2. Klik dua kali objek lingkaran sampai muncul gambar seperti di bawah ini. Arahkan mouse ke lingkaran kecil putih, klik, tahan dan geser-geserlah. Lihat apa yang terjadi.
inkscape7 inkscape8

Membuat objek bebas
Kamu juga bisa menggambar bebas layaknya menggunakan pensil. Klik ikon Draw freehand lines. Atau ikon Draw Bezier Curves and straight lines untuk menggambar garis lurus.
Ingat, vektor adalah pengolah grafis yang menggunakan unsur garis dan kurva sebagai objek gambar. Untuk memberi warna dalam pada sebuah objek maka objek tersebut harus merupakan kurva tertutup. Sebuah objek tidak dapat diberi warna dalam jika garis-garis pada objek tidak saling bertemu.

Nah, ini dahulu materi untuk ulangan praktik ya. Silakan berkreasi dengan gambar-gambarmu.

Di bawah ini ada beberapa contoh poster yang telah kawan kalian buat. Bagus-bagus, kan? 🙂

Farah Fadhilla XI IPA 4 Yuditha Riseza
farah fadhila XI IPA 4 UH 2 YUDITH
Fikri Hadyan XI IPA 4 Fahmi XI IPS 4
Fikri Hadyan_XI IPA4_UH2 fahmi xi ips 4

Leave a Reply

Your email address will not be published.