Belajar pemrograman tidak selalu harus menggunakan peranti keras atau pun terkoneksi ke internet. Sebaliknya, kita dapat menggunakan alat-alat tulis seperti kertas, pensil, gunting, pun bahan-bahan seperti gelas minum bekas dan lain-lain. Salah satu permainan yang bisa kita lakukan untuk mengenalkan konsep algoritma, coding (pemrograman), fungsi, debug dan parameter adalah permainan yang diberi nama My Robotic Friends.
Pada kegiatan ini siswa akan belajar:
1. mengkonversi (mengubah) kegiatan dunia nyata ke dalam instruksi (perintah)
2. mempraktekkan pemetaan instruksi (perintah) ke dalam simbol
3. memperoleh pemahaman atas perlunya ketepatan dalam pemrograman
4. mempraktekkan pencarian sumber kesalahan program
5. memahami kegunaan fungsi dan parameter
Istilah yang dipelajari pada kegiatan ini:
Algoritma: urutan langkah untuk menyelesaikan sebuah kegiatan (memecahkan masalah)
Coding (Pemrograman): mengubah instruksi ke dalam bahasa simbol
Debugging: menemukan dan memperbaiki masalah dalam kode
Function: potongan kode yang dapat dipanggil berulang kali
Parameters: variabel yang dimasukkan ke dalam fungsi untuk diolah
Alat yang digunakan: gelas minum bekas atau karton berbentuk gelas.
Cara permainan:
1. Bagi siswa ke dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 orang (idealnya 3)
2. Setiap kelompok akan memperoleh gelas minum atau karton berbentuk gelas sebanyak 6 (jumlah boleh bebas)
3. Setiap kelompok ditugaskan untuk menyusun gelas
4. Selanjutnya, setiap kelompok menuliskan urutan langkah susunan gelas yang telah mereka buat dengan mengggunakan simbol-simbol yang telah disepakati (lihat lampiran simbol yang digunakan di bawah)
5. Tukarkan kertas yang berisi kode berupa simbol kepada kelompok lain. Tugaskan mereka untuk mengikuti instruksi yang ada pada kertas untuk menyusun gelas-gelas tersebut
6. Jika ditemukan kesalahan dalam penulisan kode berupa simbol minta siswa untuk memperbaiki
Simbol yang digunakan:
Pick Up
Untuk detail permainan dapat dilihat di laman code.org di sini. Pilih pada opsi No device or internet? Try ‘unplugged’ computer science. Pilih My Robotic Friends.
catatan: Kita dapat memodifikasi ketentuan yang ada pada permainan ini untuk memudahkan dan memberi banyak pilihan.
Beberapa kegiatan siswa selama proses pembelajaran unplugged programming bisa dilihat di bawah ini.