Perangkat Pembelajaran

Setengah semester sudah berlalu. Minggu depan Insya Allah kegiatan belajar  mulai berjalan normal kembali. Tiga bulan ke depan saya mengajar kelas 9. Untuk materi TIK nya sendiri adalah membuat halaman web sederhana dengan menggunakan MS Frontpage. Duh, maafkan kalau terpaksa lagi-lagi mengajarkan program bajakan. Tim guru TIK di sini sebenarnya berniat mengenalkan sistim operasi open source. Saat ini kami berusaha menjajaki kemungkinan itu.

Untuk rencana pengajaran materi ini belum saya kerjakan. Mustinya sih sudah selesai di awal-awal KBM dimulai, disatukan dengan perangkat pembelajaran. Ssst, di sekolah saya, jika ada guru yang belum mengumpulkan perangkat pembelajaran ini maka namanya akan ditempel di papan pengumuman :).

Perangkat pembelajaran ini adalah pedoman yang harus disiapkan oleh guru dalam menghadapi kegiatan belajar di kelas. Adapun perangkat pembelajaran itu adalah sebagai berikut:

  1. PROTA (Program Tahunan)
  2. PROMES (Program semester)
  3. Rencana Alokasi Waktu
  4. Pemetaan
  5. Silabus
  6. RPP

Maka, tak heran kalau banyak rekan guru di awal tahun ajaran (bahkan mungkin di pertengahan semester) sibuk mengedit, membuat dan merancang perangkat pembelajaran. Untuk silabus dan RPP bisa didapat dengan mengunduh dari internet atau bertukar dengan rekan satu profesi. Selebihnya, Anda tinggal mengedit dan menyesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan murid Anda. Nah, masalahnya untuk TIK, selain mengajarkan materi sesuai KTSP, kami juga mengajarkan program lain, yang acapkali panduannya agak sulit ditemukan di belantara maya ini. Jadi, ketika membuat silabus dan RPP untuk program lain, selain mengacu pada kurikulum KTSP di tingkat lanjutan atas, saya juga membuat dan menambahkan sendiri. Dengan mencoba tidak menyimpang dari ketentuan standar isi. Namun kami tetap berfokus pada kurikulum KTSP. Lainnya sebagai skill tambahan untuk mereka. Karena bagaimanapun pelajaran TIK di tingkat lanjutan (SMP/SMA) termasuk ke dalam pelajaran wajib. Berbeda dengan level sekolah dasar, TIK masuk ke dalam muatan lokal. Yang notabene nya adalah sah-sah saja mau dibuat seperti apa.

Ingin melihat contoh perangkat pembelajaran yang sudah kami (rekan guru TIK) buat? Klik saja di sini. Diletakkan di blog ini dengan tujuan mudah diakses oleh saya atau siapapun yang mungkin membutuhkan :).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *