Prakarya TIK

SKKD Mata Pelajaran Prakarya Kelas X
sumber dari sini: Bincang edukasi

Rekayasa

No Kompetensi Inti Kompetensi Dasar
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 1.1 Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman produk rekayasa di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran,damai), santun, responsif dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secaraefektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia 2.1 Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya
2.2 Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan karya rekayasa di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha
2.3 Menghayati sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat karya rekayasa di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha
3. Memahami , menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 3.1 Memahami desain produk dan pengemasan karya rekayasa elektronika praktis berdasarkan konsep berkarya dan peluang usaha dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
3.2 Memahami sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi usaha rekayasa elektronika praktis
3.3 Menganalisis proses produksi usaha rekayasa elektronika praktis di wilayah setempat melalui pengamatan dari berbagai sumber
3.4 Memahami pembuatan proposal usaha rekayasa elektronika praktis
3.5 Memahami desain produk dan pengemasan karya rekayasa elektronika dengan kendali otomatis berdasarkan konsep berkarya dan peluang usaha dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
3.6 Memahami sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi usaha rekayasa elektronika dengan kendali otomatis
3.7 Menganalisis proses produksi usaha rekayasa elektronika dengan kendali otomatis di wilayah setempat melalui pengamatan dari berbagai sumber
3.8 Menganalisis hasil usaha rekayasa elektronika dengan kendali otomatis berdasarkan kriteria keberhasilan usaha
4. Mengolah, menalar, dan menyaji, dan mencipta dalam ranah konkretdan ranah abstrak terkaitdengan pengembangan dariyang dipelajarinya di sekolahsecara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan 4.1 Mendesain produk dan pengemasan karya rekayasa elektronika praktis berdasarkan konsep berkarya dan peluang usaha dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
4.2 Mendesain prosesproduksi karya rekayasa elektronika praktis berdasarkan identifikasi kebutuhan sumber daya, teknologi, dan prosedur berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
4.3 Membuat karya rekayasa elektronika praktis yang berkembang di wilayah setempat dan lainnya sesuai dengan teknik dan prosedur.
4.4 Membuat proposal dan mempraktikkan usaha rekayasa elektronika praktis.
4.5 Mendesain produk dan pengemasan karya rekayasa elektronika dengan kendali otomatis berdasarkan konsep berkarya dan peluang usaha dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
4.6 Mendesain prosesproduksi karya rekayasa elektronika dengan kendali otomatis berdasarkan identifikasi kebutuhan sumber daya, teknologi, dan prosedur berkaryadengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
4.7 Membuat karya rekayasa elektronika dengan kendali otomatis yang berkembang di wilayah setempat dan lainnya sesuai teknik dan prosedur.
4.8 Menyajikan hasil evaluasi usaha rekayasa elektronika dengan kendali otomatis berdasarkan kriteria keberhasilan usaha.

Di atas adalah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dari mata pelajaran Prakarya untuk jenjang SMA, kelas IX.

Di sekolah tempat saya mengajar, mata pelajaran TIK tetap diajarkan namun dimasukkan ke dalam mata pelajaran Prakarya. Seperti diketahui di dalam SKKD mata pelajaran Prakarya dibagi menjadi 4 pilihan, yaitu: Kerajinan, Rekayasa, BudiDaya, dan Pengolahan.

Karena sekolah kami menggunakan Kurikulum 2013 (namun tetap ingin mengajarkan mata pelajaran TIK) maka kami menyiasatinya dengan memasukkan pembelajaran TIK ke dalam mata pelajaran Prakarya.

Dari pihak sekolah membebaskan saya untuk berkreasi dengan mata pelajaran baru ini. Maka, baiklah ini rancangan saya, yaitu menetapkan pilihan pada Rekayasa. Karena setelah membaca SKKD yang ada, saya berkesimpulan pilihan Rekayasa lebih mudah untuk diterapkan dalam pembelajaran TIK.

Rekayasa adalah penerapan ilmu pengetahuan di kehidupan nyata. Dalam penerapannya dengan teknologi informasi dan komunikasi, ada banyak kita temui produk rekayasa TIK di dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah: telepon, televisi, internet, komputer, dan lain-lain. Nah, dari sana kita bisa memulai memasukkan materi TIK berikut projek akhirnya sebuah prakarya.

Oke, saya mulai mendapat titik terangnya nih :). Yup, bikin lesson plan dulu ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.