Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Untuk beberapa teman yang bertanya mengenai penyusunan RPP, saya coba paparkan beberapa komponen yang ada dalam RPP.

Tentu rekan sudah familiar dengan istilah Pakem (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Berikut ini saya coba tuliskan mengenai RPP Pakem.

Beberapa pertanyaan dasar yang diajukan untuk penyusunan RPP Pakem.

  • Apa yang akan diajarkan?
  • Bagaimana cara membelajarkannya?
  • Dengan apa dibelajarkan?
  • Bagaimana cara memenuhi target pencapaian hasil belajar?

Komponen RPP terdiri dari:

  1. Identitas, meliputi: Nama Sekolah, Mata Pelajaran, Kelas, Semester, dan Alokasi Waktu. Alokasi Waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar, dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan (contoh untuk SD: 2 x 35 menit).
  2. Standar Kompetensi (lihat silabus)
  3. Kompetensi Dasar (lihat silabus)
  4. Indikator (dikutip dari silabus), mencakup perilaku yang dapat diukur untuk menunjukkan bahwa peserta didik telah mencapai kompetensi dasar. Penanda pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang meliputi pengetahuan, sikap, dan ketrampilan. Dikembangkan sesuai karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, dan potensi daerah.
  5. Tujuan pembelajaran.
  6. Materi Pokok. Materi Pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujaun pembelajaran dan indikator. Materi dikutip dari materi pokok yang ada dalam silabus. Materi pokok tersebut kemudian dikembangkan menjadi beberapa urain materi. Untuk memudahkan penetapan uraian materi dapat diacu dari indikator.
  7. Langkah-langkah Pembelajaran (Lihat paparan Langkah Pembelajaran di bawah)
  8. Media/Sumber/Bahan
  9. Penilaian, dapat berisi lampiran Lembar Kerja, Media/Bahan/Sumber, Uraian Materi, dan Instrumen Tes.

Penjelasan untuk komponen Langkah Pembelajaran.

  1. Kegiatan Pendahuluan. Meliputi: Orientasi (memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan, dengan cara menunjukkan benda yang menarik, memberikan ilustrasi, membaca berita di surat kabar, menampilkan slide animasi dsbnya); Apersepsi (memberikan persepsi awal kepada peserta didik tentang materi yang akan diajarkan); Motivasi (Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari materi, bidang-bidang pekerjaan berkaitan dengan materi yang dipelajari, dsb); Pemberian Acuan (biasanya berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari. Acuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar); Pembagian keompok belajar dan penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar, sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran).
  2. Kegiatan Inti. Berisi langkah-langkah sistematis yang dilalui peserta didik untuk dapat mengkonstruksi ilmu sesuai dengan skemata (framework) masing-masing. Langkah-langkah tersebt disusun sedemikian rupa agar peserta didik dapat menunjukkan perubahan perilaku sebagaimana dituangkan pada tujuan pembelajaran dan indikator. Untuk memudahkan, biasanya kegiatan inti dilengkapi dengan LKS baik yang berjenis cetak atau noncetak.
  3. Kegiatan Penutup. Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman. Guru memeriksa hasil belajar peserta didik. Dapat membuat tes tertulis atau lisan atau meminta peserta didik untuk mengulang kembali rangkuman yang telah diselesaikan. memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar kelas, di rumah atau tugas sebagai bagian pengayaan.

Sumber:

  1. http://schooldevelopment.net/resourcesi.html
  2. http://www.puskur.net/
  3. http://www.diknas.go.id
  4. Unduh Penyusunan RPP.pdf dari Internet (sumber tak tercantum)

Leave a Reply

Your email address will not be published.