Aplikasi Iphone

Minggu ini saya memeragakan 3 aplikasi dari Iphone kepada murid-murid. Ketiga aplikasi tersebut adalah: Dragon Dictation, Word Lens, dan String. Ketiga aplikasi dapat diunduh gratis. Pengecualian untuk Word Lens, walaupun aplikasinya dapat diunduh gratis namun untuk kamus bahasa Anda harus membelinya. Sebagai uji coba saya membeli kamus Inggris-Spanyol. Siapa tahu suatu hari nanti saya bisa berkunjung ke negara ini ^_^.

1. Dragon Dictation
index
Dragon Dictation adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mendiktekan (merekam suara) dan melihat pesan teks secara langsung. Teks tersebut kemudian dapat kamu bagikan ke sosial media seperti facebook, twitter, dan juga sms serta email. Aplikasi ini dikembangkan oleh Nuance Communications, Inc.

Dragon Dictation dapat diunduh ke dalam iPhone, iPod touch, dan iPad serta yang menggunakan iOS 4 atau versi yang lebih baru. Aplikasi ini resmi diperkenalkan di Indonesia pada akhir Januari 2013 lalu.

Pilihan bahasa yang tersedia diantaranya, bahasa Inggris AS, Inggris UK dan Inggris Australia, Jepang, Mandarin, Taiwan Mandarin, Kanton, Ceko, Korea, Bahasa Indonesia, Bahasa Malaysia, Ibrani, Hungaria, Denmark, Belanda, Finlandia, Eropa dan Kanada Perancis, Jerman, Yunani, Italia, Norwegia, Polandia, Eropa dan Portugis Brasil, Turki, Rumania, Rusia, Eropa dan Amerika ,Spanyol, Slovakia, Swedia, Standard Arab, Ukraina, Vietnam, Thailand, dan Kroasia.

Dengan Dragon Dictation maka kamu tidak perlu mengetik manual, namun cukup merekam suara dan Dragon Dictation akan membuatkan teks untukmu.

Oya, untuk menggunakan Dragon Dictation diperlukan suasana yang sedikit hening agar hasil rekaman suara dapat diterjemahkan dengan baik. Jika kamu ingin menambahkan tanda baca pada teks maka harus mengucapkannya seperti ini, misal: “Kamu ada dimana tanda tanya”

Jika ucapan yang kamu ketikkan salah, jangan khawatir karena kamu dapat mengeditnya melalui fasilitas keyboarding yang ada. Masih tetap memudahkan dibanding harus mengetikkan kalimat sejak awal, bukan?

Untuk mengunduh aplikasi ini silakan ke sini.

2. Word Lens (Aplikasi Penerjemah)
wordlens
Word Lens adalah salah satu contoh aplikasi dari Augmented Reality. Aplikasi ini dapat membantu kamu menerjemahkan kata atau tulisan bahasa asing. Namun terlebih dahulu tentu saja kamu harus membeli kamus bahasa yang diinginkan. Sebagai contoh, saya membeli kamus Inggris-Spanyol. Kamus ini dapat dibeli senilai 49k IDR.

Cara menggunakan Word Lens adalah dengan mengarahkan layar smartphone ke teks yang ingin diterjemahkan. Pada layar smartphone akan tampak teks yang kita potret bergerak-gerak sampai dihasilkan terjemahan dari kata yang dimaksud. Seperti contoh gambar di bawah ini. DOS adalah bahasa Spanyol yang berarti dua.
DSC_0014
Aplikasi ini tidak memerlukan koneksi internet ketika digunakan. Saat ini Word Lens baru menyediakan 3 kamus bahasa, yaitu: Bahasa Inggris, Bahasa Spanyol, dan Bahasa Perancis.

Teknologi Word Lens bekerja seperti perpaduan aplikasi Google Goggles yang mampu mengenal teks, dengan Google Translate yang mampu melakukan alih bahasa.

Oya, berita baiknya adalah aplikasi Word Lens juga telah tersedia di Android.

Mengutip berita harian VivaNews.
“Menariknya, aplikasi ini mampu mengenali kata dan kalimat dengan grammar dan struktur kalimat yang tepat. Meski pun tidak sempurna, setidaknya alih bahasa yang dilakukan mudah dipahami.”

Nah, mari belajar bahasa asing dengan cara mudah dan menyenangkan.

3. String
string
String adalah aplikasi dari teknologi Augmented Reality. Setelah aplikasi ini diunduh maka pada layar String akan tampak halaman situs yang berisi gambar-gambar yang dapat dicetak. Selanjutnya, kamu dapat mengarahkan layar smartphone ke gambar. Lalu, lihatlah apa yang terjadi. Selain dicetak gambar-gambar tadi pun dapat langsung diakses melalui komputer dengan terlebih dahulu mengunduh koleksi gambar yang ada pada situs yang telah disediakan.
DSC_0011
Selain String, ada banyak aplikasi Augmented Reality yang dapat kamu unduh. Silakan mencari dan temukan keajaiban dari teknologi gabungan dunia nyata dengan dunia digital.

Kumpulan gambar dari aplikasi String dapat diunduh melalui situs mereka di sini.

Di sini saya ingin memberi pemahaman kepada siswa apa yang mereka khayalkan dan mereka angankan tentang teknologi masa depan, sesungguhnya berawal dari konsep-konsep sederhana yang ada saat ini. Dan melalui berbagai tahapan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan maka manusia terus belajar untuk mencari cara memudahkan kehidupan mereka. Karena itulah teknologi diciptakan, untuk memberikan kemudahan kepada manusia.

1 thought on “Aplikasi Iphone

Leave a Reply

Your email address will not be published.