Belajar HTML

HTML singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML adalah bahasa pemformatan sederhana untuk membuat sebuah web. Dahulu untuk membuat sebuah web diperlukan pengetahuan dasar seperti HTML dan bahasa program lainnya. Dahulu si empunya web hanya memberikan informasi. Tidak ada interaksi dua arah.

Kemudian di tahun 2003, muncul istilah web 2.0. Istilah ini berkaitan dengan cara pandang baru bagaimana kita menggunakan internet. Jika sebelumnya internet bersifat satu arah maka di web 2.0 terjalin sebuah interaksi satu sama lain. Maka tak heran jika kemudian bermunculan banyak aplikasi layanan berbasis web, seperti situs jaringan sosial (Friendster), blog (blogger, multiply), disusul facebook, dan sebagainya. Di aplikasi-aplikasi ini kita dapat saling berinteraksi satu sama lain, seperti memberi komentar di sebuah web, menjalin pertemanan di situs jejaring sosial, dan lain-lain.

Menggunakan internet kemudian menjadi suatu hal yang menarik. Para pengembang layanan aplikasi menawarkan berbagai kemudahan fasilitas bagi user, sehingga siapapun, tanpa harus mengerti pemrograman, dapat menggunakan aplikasi tersebut. Sebagai contoh: Facebook, Blog, Twitter, dan lain-lain.

Lalu, apa perlunya belajar HTML? Bukankah telah banyak situs pengembang web gratisan?

Ya, itu betul. Tapi apa salahnya menggali potensi yang lebih besar dari pembuatan sebuah web yang sudah ada? Dengan bekal HTML Kamu bisa meng-customize web sendiri.

Ingin mengenal HTML? Nah, ada cara online untuk belajar HTML. Di sini kamu bisa langsung mempraktikkan dan melihat hasilnya sendiri. Coba klik di sini.

W3schools.com adalah pelajaran membuat HTML dari tingkat dasar sampai lanjut.

Untuk rekan guru, situs ini dapat menjadi rujukan bagi murid-murid Anda. Selamat belajar dan have fun šŸ™‚

Referensi lainnya: lihat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *