Belajar Statistik Melalui Game

Statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Data itu berupa angka yang dikumpulkan dan kemudian dikelompokkan. Kumpulan data ini dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah.

Beberapa fungsi statistik yang sering digunakan adalah: menghitung penjumlahan (sum), menghitung nilai rata-rata (average), menghitung nilai terkecil (min) dan terbesar (max), menghitung nilai tengah (median) serta nilai yang paling muncul (mode) dalam suatu kumpulan data.

Paparan di atas mungkin sedikit terasa membosankan untuk didengar seorang anak. Dan tidak bisa disalahkan jika pelajaran di atas mudah terlupakan. Nah, ada cara mudah dan menyenangkan untuk mengenalkan perhitungan statistik. Salah satunya melalui game edukasi yang ada di internet. Di sana anak-anak dapat belajar sambil bermain. Melalui permainan anak-anak itu belajar untuk menentukan keputusan, memahami konsep serta membangun kepercayaan terhadap diri sendiri.

Coba ajak siswa Anda berkunjung ke sini.
ixl.
Di kategori Statistic, klik pilihan pertama, yaitu: calculate, mean, median, mode, and range.

Ajak siswa Anda untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Selanjutnya biarkan mereka bereksplorasi. Jangan lupa, tugaskan mereka untuk membuat catatan setelah mereka menuntaskan permainannya. (Pada setiap kesalahan jawab yang dilakukan maka permainan ini memberikan penjelasannya).
statistic
Selamat bermain eh belajar maksudnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.