Email (Materi Kelas XI)

Minggu depan ulangan harian ya, murid-muridku :). Materinya email dan mesin pencari (baca bab 3 dan 4 buku paket). Supaya tidak lupa Ibu berikan paparan singkat di sini. Untuk yang membutuhkan slide nya bisa kalian unduh di sini.

Untuk materi tambahan mengenai mesin pencari, sudah pernah Ibu bahas di laman ini juga, silakan ke sini.

Email

Penjelasan dari isi slide
Email (elektronik mail) atau surat elektronik adalah salah satu layanan internet.
Penyedia layanan email beberapa diantaranya adalah Gmail dan Yahoo.

Nah, jika kamu sering menggunakan email maka kamu tidak akan asing dengan bagian-bagian yang ada di kotak Compose. Pilihan menu Compose digunakan untuk membuat atau mengirim pesan baru.
email
Keterangan:
To, adalah alamat email penerima pesan
From, adalah alamat email pengirim pesan
Subject, adalah judul dari isi pesan. Penulisan judul sebaiknya berkaitan dengan isi pesan.

CC dan BCC, keduanya berguna untuk mengirimkan kepada banyak penerima pesan (lebih dari satu)
CC atau Copy Carbon, digunakan jika kamu ingin mengirimkan pesan kepada banyak teman dan diantara mereka saling mengetahui siapa yang dikirimkan salinan isi pesan tersebut. Sederhananya seperti ini, Wulan mengirimkan email kepada Gita dan Andita. Maka, si penerima pesan, dalam hal ini Gita dan Andita saling mengetahui bahwa Wulan mengirimkan pesan itu kepada mereka berdua.

Berbeda dengan BCC (Blind Copy Carbon). Jika seandainya Wulan mengetikkan alamat email Gita dan Andita (sebagai penerima pesan) di menu BCC, maka Gita tidak mengetahui bahwa Andita pun menerima pesan yang sama dari Wulan. Dan begitu juga sebaliknya.
Jadi, pada pilihan BCC seolah-olah email hanya ditujukan ke satu orang (penerima). Dan semua penerima pesan yang dituliskan di bagian BCC tidak saling tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan.

Berikutnya, Attach files atau file lampiran. File lampiran ini digunakan jika kamu ingin mengirimkan file seperti musik, foto, gambar, suara (audio), dan file office seperti doc, xls dan lain-lainnya.

Kemudian, tanda tambah di sebelah ikon Attach Files itu apa ya? Jika mouse diarahkan ke tanda plus itu maka muncul lah fitur tambahan, seperti insert photos, insert link, insert emoticon dan insert invitation.
email2
Ikon panah ke bawah di sebelah ikon tempat sampah itu berisi pilihan more options. Pilihan ini untuk fitur yang ada di menu Compose.

Email Spam
atau disebut juga junk email atau bulk email atau email sampah.
SPAM adalah unsolicited email (email yang tidak diminta) yang dikirim ke banyak orang. Contoh kiriman email sampah adalah: iklan yang berisi promosi, informasi palsu, undian, dan bahkan juga penipuan.

Target email spam ada 2. Pertama, TDEM atau Targeted Direct Email Marketing dan kedua adalah UCE (Unsolicited Commercial Email). Keduanya adalah jenis email yang bertujuan melakukan promosi. Perbedaannya adalah pada target atau sasaran pasar yang dituju. Jika TDEM targetnya adalah mereka yang dianggap memiliki minat terhadap produk yang ditawarkan. Sebaliknya, UCE targetnya dikirim secara acak.

Untuk TDEM maksudnya begini, kadang kala ketika kamu mendaftar di sebuah laman tertentu, biasanya ada pilihan berupa pertanyaan apakah kamu tertarik pada iklan atau kabar seputar topik tertentu dan apakah ingin dikirimkan email berkaitan dengan hal tersebut. Biasanya pilihan menu ini tercentang secara otomatis. Dan seringkali terlewatkan oleh kita sehingga secara otomatis kita mengiyakan pilihan tersebut.

Cara menghindari spam di email adalah berhati-hati memasukkan alamat email. Jika sebuah laman memintamu untuk memasukkan email pastikan laman tersebut aman. Atau jika kamu ragu, buat saja akun email sekali pakai atau yang diperuntukkan untuk email sampah. Langkah lainnya jangan mengekspos alamat emailmu. Jika kamu ingin menuliskan email di ranah publik maka ganti simbol “@” dengan “at” dan “.” (titik) dengan “dot”, contoh: sman71[at]gmail[dot]com

Jenis Email
Jenis email ada 2, Pop mail dan Web mail. Pop mail adalah email dengan menggunakan program aplikasi, sementara web mail adalah layanan email dengan menggunakan web browser.

Dahulu, ketika biaya internet tinggi dan koneksi tidak terlalu bagus maka banyak orang menggunakan bantuan program aplikasi untuk kirim dan terima surat. Dengan pop mail maka kamu bisa menulis dan membalas surat terlebih dahulu dalam kondisi offline. Kamu dapat tersambung ke internet hanya ketika akan mengirim dan menerima email sehingga menghemat biaya. Berbeda dengan saat ini, ketika koneksi internet sudah semakin lebih baik dan cepat serta biaya yang tidak terlalu tinggi memungkinkan siapa saja untuk selalu terkoneksi ke internet bahkan hanya dengan menggunakan smartphone. Sehingga web mail pun menjadi pilihan yang paling andal. Contoh program aplikasi pop mail adalah outlook express.

Oya, perhatikan juga etika ketika berkirim email. Untuk selebihnya silakan membaca buku paket.
Selamat belajar 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.