Kelas X Pert 1

Kegiatan belajar minggu pertama setelah lebaran di kelas X materi Prakarya TIK adalah membuat barcode. 2 jam diisi dengan materi singkat mengenai operasi dasar komputer dan memindai serta membuat barcode.

Kami tidak menggunakan laboratorium komputer untuk belajar memindai dan membuat barcode karena pada saat yang sama labkom juga digunakan. Saya mencoba menyiasati menggunakan perangkat elektronik yang mereka bawa. Sejak awal saya sudah memberitahu mereka boleh menggunakan perangkat gadget sepanjang sesuai dengan materi yang saya ampu kan. Langkah ini bisa dikatakan sebagai percobaan juga untuk visi sekolah kami yang ke depannya ingin mempraktikkan pembelajaran jarak jauh. Masih angan-angan sih tapi siapa tahu tercapai :).

Berikut ini adalah 2 slide presentasi yang saya paparkan.

slide mengenai memindai dan membuat barcode

Selanjutnya, tugaskan siswa untuk mengunduh aplikasi barcode reader di smartphone mereka dan membaca pesan yang ada pada contoh di slide. Kemudian melalui program browser bukalah halaman web untuk membuat barcode secara online. Biarkan siswa Anda berekperimen dengan mencoba mengirim pesan yang mereka buat sendiri.

Untuk tugas pekerjaan rumah, minta siswa menggunting kemasan produk makanan atau apa saja yang memiliki barcode. Tempelkan di buku tugas disertai isi pesan barcode tersebut. Atau Anda dapat menugaskan mereka untuk membuat barcode dengan isi pesan Nama dan kelas untuk masing-masing siswa dan file barcode dapat dikirimkan kepada Anda melalui email, aplikasi chatting seperti whatsapp, line, ataupun msosial media seperti facebook dan twitter.

Atau Anda bisa mencontoh tugas yang diberikan oleh rekan guru saya, yaitu membuat beberapa barcode yang berisi halaman web berupa video youtube yang memuat pelajaran bahasa inggris. Tugaskan siswa (dalam kelompok) untuk mengunduh video-video tersebut. Selanjutnya, masing-masing kelompok harus menuliskan langkah untuk mengunduh video tersebut dan mengirimkannya ke dalam email. Nantinya, guru akan mengarsipkan file-file video ini yang terdiri dari beberapa bagian dan memberikannya kepada setiap kelompok yang disimpan ke dalam flashdisk. Menarik, bukan? Inilah hasil prakarya TIK yang dapat dimanfatatkan oleh siswa-siswa Anda untuk belajar mata pelajaran lainnya :).

Sebagai contoh, inilah latihan video mata pelajaran bahasa inggris yang dapat Anda sisipkan.

sumber klik di sini atau http://www.youtube.com/watch?v=mgqHIduvD_8

Leave a Reply

Your email address will not be published.