Karya Siswa: Laporan Evaluasi Kegiatan

Tahap akhir dari pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan pada semester gasal kemarin adalah membuat laporan evaluasi kegiatan usaha. Laporan merupakan dokumen tertulis tentang hasil pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan.

Pembuatan laporan evalasi kegiatan usaha ini sejatinya tidak sulit jika kita terbiasa membuat jurnal harian dari keseluruhan aktivitas usaha. Kamu cukup mengumpulkan semua data, dan dokumentasi penunjang kegiatan yang sudah ada.

Untuk tugas pembuatan laporan evaluasi kegiatan usaha ini siswa dibebaskan untuk memilih format laporan yang mereka sukai. Namun saya mengajarkan 2 format laporan, dalam bentuk jurnal harian dan laporan online yang diaplikasikan dalam bentuk portal web. Sementara untuk siswa kelas XI siswa hanya membuat dalam bentuk online, berupa portal web yang dibuat dengan menggunakan pemrograman HTML 5 dan CSS dengan menggunakan domain sendiri yang tidak berbayar.

Berikut adalah beberapa hasil karya laporan evaluasi kegiatan usaha siswa.

Kelas X MIPA 1
Jurnal Harian Perusahaan Svarnadvipa
















Jurnal online Perusahaan Svarnadvipa
1. http://suvarnadvipaonline.000webhostapp.com/ atau klik di sini untuk langsung login ke situs.

Tangkapan layar

Laporan evaluasi kegiatan usaha kelas X lainnya:
untuk melihat, langsung klik pada nama perusahaan mereka.
2. Sweetsatay
3. el-lyten
4. Avrakdavra
5. Naninanidome

Kelas XI Portal web
Bengkel perut, klik di sini.

tangkapan layar

2 thoughts on “Karya Siswa: Laporan Evaluasi Kegiatan

  1. Hafidh

    Selamat malam, Bu Enggar
    Saya Hafidh Syifaunnur, Guru Kimia SMAN 1 Kudus yang sekarang mendapatkan jam mengajar PKWU kelas X.
    Saya ingin berkonsultasi tentang sistem pembelajaran PKWU kelas X yang ibu terapkan di SMA Ibu, dan tentang bidang kerajinan yang telah ibu laksanakan di semester gasal TA 2017/2018, karena saya lacak di web ini hanya sampai pada pertemuan 3, yaitu design thinking.
    Semoga Ibu berkenan membagi ilmunya.
    Terima Kasih.

    Hafidh Syifaunnur

    Reply
    1. admin Post author

      Selamat malam Pak Hafidh,
      Terima kasih sudah membaca blog ini 🙂
      Semua tahapan pembelajaran rasanya sudah saya tuliskan di sini tetapi mungkin agak loncat-loncat dikarenakan saya menuliskannya ketika ada waktu luang. Jika Bapak berkenan saya telah menuliskan secara lengkap dalam buku teks pelajaran PKWU yang diterbitkan oleh Penerbit Srikandi Empat (imprint dari Yrama Widya). Di buku kelas XI teori design thinking dan model bisnis serta tahapan lain dalam PKWU sudah saya paparkan secara detail disertai contoh. Teori di dalam buku tersebut dapat Bapak terapkan untuk penerapan di kelas X juga. Sementara di buku kelas X model bisnis masih menggunakan model konvensional namun penerapan lain seperti pemasaran online dengan pembuatan toko online saya jabarkan cukup lengkap. Bapak juga bisa membaca dan mengunduh RPP yang telah saya buat untuk kelas X di blog saya yang lain di sini.

      Gambaran mengenai isi buku PKWU yang telah saya susun dapat Bapak baca di sini.

      Semoga bermanfaat.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *