Membuat dan Mengedit Toko Online

Setelah membuat sebuah produk maka langkah selanjutnya (setelah menetukan harga) adalah memasarkan. Dalam memasarkan sebuah produk ada berbagai macam cara, selain memasarkan dengan cara konvensional maka memasarkan secara online adalah pilihan yang paling disukai. Salah satunya adalah dengan membuat toko online sendiri.

Untuk membuat sebuah toko online tidak selalu musti berbayar, kamu bisa menggunakan web engine gratisan seperti blogspot. Perhatikan materi pembuatan toko online di slide berikut ini:

Untuk melihat contoh hasil toko online bisa di-klik di sini.

Untuk contoh pembuatan toko online karya siswa bisa dilihat di postingan di blog ini.

Setelah memasang template toko online langkah berikutnya adalah mengedit. Untuk mengedit template toko online sebaiknya kamu memiliki keterampilan bahasa pemrograman web seperti Javascript, CSS atau mengenal bahasa pemformatan HTML. Dengan mengetahui ilmu-ilmu di atas tadi bisa sedikit membantumu mengedit tampilan blog sesuai dengan yang kita inginkan. Namun kalau pun tidak jangan khawatir, kamu tetap bisa mengedit template blogmu walau mungkin tidak maksimal. (Nggak pp, yang penting sudah paham konsepnya. Kelak jika kamu ingin memahami lebih jauh mengenai pembuatan toko online kamu bisa belajar sendiri dengan menggunakan banyak sumber yang bertebaran di internet atau pun melalui buku-buku rujukan).

Beberapa cara mengedit template toko online.
a. Menggunakan bantuan menu layout (tata letak)
Dengan menu ini kamu bisa memasukkan logo, atau video.
1. Masuk ke menu Dashboard
2. Pilih menu entri baru. Pilih insert image yang akan menjadi logo perusahaanmu
3. Pilih menu HTML. Salin (copy) skrip HTML yang ada di sana
4. Selanjutnya, pilih menu Tata Letak atau Layout. Pilih kotak HTML atau Javascript. Jika kotak HTML tidak ada, kamu dapat menambahkan dengan cara memilih menu Tambahkan Gadget. Pilih fitur HTML atau Javascript.
5. Pada kotak dialog Javascript, rekatkan (Paste) salinan skrip HTML tadi.
6. Simpan.
7. Pilih Lihat Blog, untuk melihat tampilan blog yang sudah diedit atau ditambahkan gambar logo.
8. Kamu juga bisa memindahkan letak kotak-kotak yang ada di menu Tata Letak tersebut.
9. Lakukan hal yang sama untuk memasukkan video beserta plugin lainnya

b. Menggunakan menu Edit HTML
Untuk menggunakan menu ini kamu harus memiliki sedikit pengetahuan dan pemahaman mengenai HTML. Kamu bisa mengedit dan melihat secara langsung template yang sudah di-edit. Jika editing yang kamu lakukan salah maka akan muncul pesan di kotak tersebut.

Nah, silakan mencoba đŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *