Kelas XI Pert 1

Dua minggu di bulan puasa kemarin kegiatan pembelajaran masih perkenalan dan permainan serta sekilas materi mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi yang akan diajarkan untuk tahun ajaran baru 2013-2014.

Hari ini saya memulai dengan materi Internet untuk kelas XI. Nah, karena kita tahu bahwa materi pelajaran TIK untuk jenjang SMP dan SMA tidak jauh berbeda, maka saya memutuskan untuk tidak banyak mengulang. 2 jam pelajaran TIK akan saya alokasikan seperti ini: 1 jam berisi presentasi sesuai SKKD mapel TIK, satu jam berikutnya akan saya manfaatkan untuk mengenalkan TIK Sains kepada murid-murid. Selebihnya saya meminta siswa untuk membaca dan mempelajari sendiri materi yang ada di buku paket. Karena bagaimanapun untuk penilaian masih mengikuti standar kurikulum Diknas.

Mengapa saya mengenalkan TIK Sains kepada murid? Apa manfaatnya untuk mereka?
Saya kutipkan tulisan berikut ini. Untuk informasi lebih lengkap silakan dibaca di sini.

“Computer scientists are, in fact, scientists. They are focused with the theory of computational applications. That means they understand the “why” behind computer programs. Using algorithms and advanced mathematics, computer scientists invent new ways to manipulate and transfer information. Computer scientists are generally concerned with software, operating systems and implementation.

Like Neo in The Matrix, computer scientists can see and make sense of code. Computer science students will learn the fundamentals of different programming languages, linear and discrete mathematics, and software design and development. Computer scientists study the machine itself and understand how and why various computer processes operate the way they do.

Simply put, computer scientists can talk to computers. The field is based in mathematics—the language of computers. Computer scientists understand why computers work and can create a program or operating system that does what you want it to do.”
– See more at: http://online.king.edu/information-technology/difference-between-a-computer-science-information-technology-degree/#sthash.7Lsq5UKk.dpuf

Jika selama ini anak-anak kita belajar komputer sekedar untuk menjadi pengguna, maka ada baiknya mempersiapkan mereka untuk kelak bisa menjadi pencipta berbagai aplikasi teknologi. Eropa, UK, tepatnya di awal tahun 2013 melakukan revolusi besar-besaran terhadap mata pelajaran TIK di sekolah mereka. Saya pernah menuliskannya di sini dan di sana.
Barangkali impian saya terlalu besar untuk bisa memberikan pengajaran seperti itu di sini, tapi tak apalah daripada tidak sama sekali. Memulai saja dari apa yang kita bisa lakukan. Lesson plan yang saya gunakan saya peroleh dari banyak menyelusuri berbagai laman yang membahas mengenai TIK Sains, matematika, algoritma, dan sebagainya.

Maka, inilah materi pertama yang saya ambil dari laman Computer Science Unplugged di sini. Di kelas X lalu saya sudah pernah menerangkan mengenai bilangan biner yang materinya saya peroleh dari laman yang sama. Dan di pertemuan ini anak-anak kembali bertemu dengan bilangan biner dalam wujud yang berbeda. Apakah itu? Binary Clock.

Untuk jelasnya, berikut ini akan saya sisipkan 2 slide presentasi. Pertama, slide untuk materi kurikulum sesuai Diknas dan slide berikutnya materi TIK Sains. Untuk literatur Anda dapat mengeklik langsung dari alamat URL sumber yang saya sisipkan di sana. Slide-slide ini juga bisa Anda unduh di akun slideshare saya di sini.

Slide Presentasi untuk Standar Kompetensi Mengenal Internet

Oya, sengaja gambar komputer pertama saya pilih berwajah sedih. Itu semata untuk memancing siswa memikirkan mengapa si kompi kok bersedih. Mau tahu jawabannya? Coba kaitkan dengan judul di atas gambar itu 🙂

Slide berikutnya, Binary Clocks.

Ada baiknya sebelum mengajarkan binary clock, Anda mulai dengan mengenalkan bilangan biner kepada siswa. Untuk materi permainan bilangan biner Anda bisa membaca tulisan saya sebelumnya di sini. Nah, katakan kepada siswa-siswa Anda, jika suatu saat mereka jalan-jalan ke mal dan melihat model jam binary ini maka mereka sudah bisa membaca angka jam yang terpampang di jam digital tersebut. Atau ingin lebih seru? Ajak orang tua, saudara, atau teman bertanding untuk membaca jam digital binary ini :).
Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.