Kelas XI

Mata Pelajaran: TIK
Kelas: XI

Standar Kompetensi: 1. Menggunakan Internet untuk Keperluan Informasi dan Komunikasi

Kompetensi Dasar:
1.5. Mengenal Cloud Storage

Slide dapat diunduh di sini.

Komputasi awan atau cloud computing adalah sebuah istilah yang banyak dipakai sekarang ini untuk menunjuk kepada sebuah sistem dimana data-data tersimpan rapi di internet (awan). Awan adalah metafora dari Internet. Kita tidak lagi direpotkan dengan masalah storage pada gadget yang terbatas, cukup simpan data yang tidak benar-benar sering digunakan di awan dan mengaksesnya kembali kapanpun saat dibutuhkan. (sumber dari sini)

Teknologi komputasi awan ini sendiri sudah banyak digunakan oleh kita, semisal dalam penggunaan email dan jejaring sosial, aplikasi Evernote (aplikasi pencatatan), penyimpanan data berbasis awan (cloud storage semisal Dropbox, rapidshare, google drive, dan lain-lain).

Dengan cloud storage maka data akan mengikuti si pemilik dan dapat diambil (unduh) kapan dan dimanapun selama kita terkoneksi ke internet.

Dengan memanfaatkan fasilitas penyimpanan data awan ini maka kamu tidak perlu khawatir lagi kalau seandainya lupa membawa flashdisk sementara datamu tersimpan di sana. Dengan meletakkan data-datamu di aplikasi cloud storage seperti dropbox, Skydrive dan lainnya maka kamu dapat mengakses data-datamu dimanapun dan kapanpun.

Apa manfaat, kelebihan, dan kekurangan dari aplikasi-aplikasi cloud storage yang ada ini? Dan berapa batas kapasitas penyimpanan data yang diperbolehkan? Nah, yuk kita cari tahu 🙂

Latihan:
1. Tugaskan siswa mencari kelebihan, kekurangan serta kuota penyimpanan dari beberapa aplikasi cloud storage. Tuliskan ringkasannya dan buat dalam bentuk presentasi.
2. Minta siswa untuk mengunduh dan menginstal aplikasi cloud storage di smartphone mereka masing-masing. (Jangan menginstal aplikasi cloud storage terutama dropbox di komputer bersama atau umum, karena datamu dapat dicuri orang lain).
3. Tugaskan siswa untuk berbagi file dengan kawan lainnya menggunakan aplikasi cloud storage.
4. Praktikkan fitur auto synchronize (jika ada) pada aplikasi penyimpan data awan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.