Materi: Pemrograman
Alokasi waktu: 2 jam
(Jam pertama adalah presentasi dari setiap kelompok -tugas minggu sebelumnya-, dan jam kedua adalah menjelaskan mengenai program yang akan digunakan untuk belajar pemrograman. Software yang kami gunakan adalah Scratch. Scratch adalah aplikasi pemrograman visual yang mudah untuk dipelajari).
Pada pertemuan kedua ini siswa akan belajar mengenai pengertian algoritma dan aplikasinya di dalam kehidupan sehari-hari.
Apa sih Algoritma itu?
Sebelum memulai pada pengertian algoritma itu sendiri, saya menugaskan siswa untuk mengamati dan mempraktikkan terlebih dahulu praktik membuat program sederhana berupa objek (karakter) yang berjalan mengikuti alur sebuah bentuk.
Selanjutnya saya menugaskan siswa untuk membuat urutan langkah proses di atas kertas (ini untuk pekerjaan rumah). Minggu depan rencananya akan saya ajarkan siswa untuk membuat diagram alur.
Slide presentasi untuk bahasan minggu depan saya sisipkan di bawah ini.