Konversi Energi

Energi listrik memiliki peranan yang sangat luas di dalam kehidupan kita sehari-hari. Selain itu lebih mudah mengkonversi energi listrik menjadi energi yang lain.

Berikut ini kreasi produk konversi energi yang bisa dibuat dengan pemanfaatan panel surya, menghasilkan listrik dari energi matahari dengan menggunakan sel surya.
(catatan: video di bawah ini tidak menggunakan panel surya, namun kreasi desain produknya bisa kamu jadikan inspirasi untuk produk konversi energi berupa lampu hias atau gantung.)


sumber: https://www.youtube.com/watch?v=QkGc23GR58E

Ada banyak produk konversi energi lain yang bisa kamu buat. Salah satunya seperti yang telah dibuat oleh pemuda pelajar berusia 18 tahun asal Vancouver, Kanada, Austin Wang. Wang berhasil membuat bakteri E coli untuk memproduksi listrik secara lebih efisien. Baca beritanya di sini. Nah, terpikir untuk menemukan ide atau gagasan lain yang lebih menarik?

Secara umum bentuk energi dibagi menjadi 6 kategori:
1. Energi mekanik
2. Energi listrik
3. Energi elektromagnetik
4. Energi kimia
5. Energi nuklir
6. Energi thermal (panas)

Energi listrik didapat dari megubah bentuk energi lainnya, seperti gerak, panas, kimia dan nuklir.
PLTA, PLTU, PLTD, PLTG adalah penghasil listrik dengan mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Alat yang digunakan adalah generator. Baterai, aki, dan elemen volta adalah penghasil listrik dari energi kimia. PLTS adalah penghasil listrik dari energi matahari dengan menggunakan sel surya.

Energi listrik dapat diubah-ubah menjadi berbagai bentuk energi yang lain.
1. Energi listrik menjadi energi kalor, alat yang digunakan yaitu setrika listrik, ceret listrik, kompor listrik , dll
2. Energi listrik menjadi energi cahaya, alat yang digunakan yaitu lampu pijar, lampu neon, dll
3. Energi listrik menjadi energi gerak, alat yang digunakan yaitu kipas angin, penghisap debu,dll dan masih banyak lagi penggunaan energi listrik.

Referensi :
1. https://www.academia.edu/7182264/PRINSIP_DASAR_Konversi_energi

#startup

Leave a Reply

Your email address will not be published.