Tema 1

Setelah UTS saya dan rekan bergantian kelas mengajar. 3 bulan sebelumnya saya mengajar di kelas 8 dan 2.5 bulan ke depan ini saya mengajar kelas 9. Program aplikasi yang harus saya ajarkan adalah pembuat web. Web editor berbasis WYSIWYG (What You See is What You Get) ini akan saya ajarkan selama kurang lebih 6 kali pertemuan dengan tambahan pengenalan bahasa standar HTML.

Kali ini saya sedikit memaksa anak-anak untuk melatih bahasa inggris. Awalnya sih terdengar keluhan di sana sini. Namun banyak juga yang diam-diam sebenarnya sangat antusias, iya kan nak? Sebenarnya cara ini biasa saya lakukan, tapi terkadang batas toleransi masih saya berikan kalau ada beberapa anak yang memilih menggunakan bahasa indonesia. Tema awal pertemuan adalah karangan mengenai diri sendiri. Saya memberikan beberapa contoh dengan pertanyaan, seperti: Siapa namamu? Sekolah di mana? Apa makanan kesukaanmu, dan lain-lain. Pertanyaan standar yang mereka dapat kembangkan menjadi sebuah cerita.

Mereka juga boleh mencurahkan isi hati dalam karangan tersebut, misalnya sedang suka dengan seseorang (ehem..), sedang jalan sama seseorang, atau sebaliknya baru putus. Dan yang seperti ini pastilah menaruh minat para abg itu. Seringkali pertanyaan mereka macam-macam seperti: Bu, bahasa inggrisnya apa kalau ada seseorang yang suka sama kita tapi kita lebih suka sama yang lainnya? Atau pacar saya di sekolah lain, dan seterusnya. Tapi, percayalah menarik sekali mengikuti dunia mereka. Kadang kala membuat saya bernostalgia pada masa-masa di mana saya seusia mereka. Hehehe, kapan itu ya?

Dan pelajaran ini mudah-mudahan masih akan menarik. Minggu ini temanya “My Idol”. Minggu depan saya ingin membuat sebuah permainan. Hmm, belajar apapun bisa sangat menyenangkan bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.