Komunikasi Web

Minggu pertama tahun ajaran baru dimulai hari Senin, tanggal 15 Juli 2013 kemarin. Awalnya kami diberitahu bahwa sekolah kami termasuk ke dalam daftar sekolah yang mengimplementasikan kurikulum 2013, namun di hari pertama, Kepala sekolah (berdasarkan instruksi Mendikbud) memgumumkan bahwa untuk kelas X hanya 3 mata pelajaran yang menerapkan kurikulum 2013, yaitu: Sejarah, Matematika, dan Bahasa Indonesia. Sedangkan untuk mata pelajaran lainnya masih mengikuti kurikulum 2006, yaitu KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Kelas XI dan XII tetap menggunakan KTSP sepenuhnya.

Di sekolah saya sendiri, kelas X masih mengikuti MOS (Masa Orientasi Siswa) sampai hari Rabu. Untuk kelas lainnya mulai belajar, walaupun belum optimal karena jadwal mengajar yang masih berubah.

Hari ini saya mulai mengajar di kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4. Murid-murid saya adalah mereka yang pernah menjadi murid saya di kelas X, jadi acara perkenalan bisa saya lewatkan :). Sebagai permulaan saya menayangkan sebuah film komersial. Judul filmnya adalah The Future of Web Communication 2.0. Saya meminta murid-murid untuk memperhatikan dan menarik pesan dari film yang mereka tonton ini.

Beberapa pertanyaan saya untuk mereka adalah:
1. Apa pesan singkat dari film ini
2. Bagaimana manusia berkomunikasi dahulu dan sekarang
3. Apa yang sering kamu lakukan ketika terkoneksi ke Internet. Aplikasi apa yang digunakan? Dan untuk apa?

Sebelum membaca pemaparan di bawah ini, diskusikan dahulu pertanyaan di atas dengan siswa Anda ya 🙂

Paparan:
Communication is changing.
Komunikasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud dapat dipahami.

Untuk dapat berhubungan satu sama lain manusia perlu berkomunikasi. Saat ini kita dapat berkomunikasi dengan menggunakan telepon, surat elektronik, jejaring sosial seperti facebook, twitter, blog, youtube, dan lain-lain.

Hm, bagaimana manusia jaman dahulu berkomunikasi ya? Lonceng, asap, burung merpati, kentongan, dan lain-lain merupakan alat komunikasi yang mereka gunakan saat itu. Komunikasi serupa surat menyurat pun sudah dilakukan. Biasanya mereka menggunakan kulit kayu,kulit bambu, daun lontar,tulang binatang, lempengan batu sebagai medianya.

Nah, contoh di atas adalah peralatan komunikasi dari jaman dahulu sampai sekarang. Komputer dengan akses internetnya memberi kemudahan bagi kita untuk terhubung kemanapun. Aplikasi internet seperti sosial media membuka peluang bagi setiap orang untuk saling berinteraksi, berbagi file dan pengetahuan.

Manfaat komunikasi melalui internet
Salah satu manfaat komunikasi melalui internet adalah kamu dapat terhubung ke teman-temanmu dari seluruh belahan dunia kapanpun. Kamu bahkan bisa mengobrol sambil bertatapan langsung dengannya menggunakan webcam. Untuk bercakap-cakap kamu dapat menggunakan aplikasi online chatting (dan dengan biaya yang murah loh), seperti whatsapp, Line, skype, dan lain-lain. Kamu juga bisa berbagi file (musik, film, dokumen, gambar, dan lain-lain). Tidak hanya dengan teman, kamu juga bisa berinteraksi dengan idolamu, atau para tokoh dunia di seluruh dunia. Semuanya dapat kamu lakukan hanya dengan hitungan detik. Begitu cepat dan mudah.

Perusahaan-perusahaan di seluruh dunia pun memanfaatkan sosial media untuk mendekati para pelanggan mereka secara langsung. Di Indonesia, perusahaan-perusahaan besar semisal Telkom, Indosat, Gramedia, dan lain-lain menggunakan sosial media untuk berinteraksi dengan lebih akrab kepada para pelanggan mereka.

Berikan alasan mengapa perusahaan atau komunitas menggunakan sosial media untuk mengenalkan produk mereka. (oya, hasil survey dari film di atas dapat menjawab pertanyaan ini loh :))

Berikut ini adalah survey dari obrolan dengan siswa, aplikasi dan sosial media apa yang paling mereka sering gunakan ketika terkoneksi ke Internet.

Ternyata, sebagian besar anak perempuan menggemari instagram, twitter, dan youtube. Sebaliknya, anak laki-laki lebih menyukai game online, kaskus, dan youtube. Kira-kira melihat hasil survey di atas, kesimpulan apakah yang bisa kamu tarik? 🙂

Di akhir pelajaran, saya baru memberikan beberapa ketentuan di dalam kegiatan belajar mengajar yang telah kami sepakati bersama. Selamat belajar. Selamat memulai tahun pelajaran 2013-2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published.