Membuat Kartu Nama

Mata Pelajaran: Prakarya TIK
Kelas: X
Proyek: Membuat kartu nama
Program: Adobe Photoshop

Contoh media promosi ukuran kecil lainnya adalah kartu nama.
kn4

Langkah untuk membuat kartu nama:

Sekilas mengenai Photoshop. Di dalam program Photoshop kita mengenal istilah Layer. Layer seperti sebuah lembaran. Bayangkanlah layer sebagai kumpulan transparansi (lembaran plastik). Guna layer adalah agar jika suatu saat kamu ingin mengubah satu bagian dari gambar maka kamu hanya perlu mengubah objek itu saja tanpa mengubah tampilan objek lainnya.

Yuk, kita praktikkan cara membuat kartu nama di atas.
1. Buka program Adobe Photoshop.
2. Pilih menu File lalu klik New. Isikan angka 8,5 untuk Width dan 5,5 untuk Height. Ukuran yang digunakan dalam cm. Klik OK.
3. Beri warna, klik ikon Paint Bucket Tool untuk warna solid. Atau klik ikon Gradient Tool untuk warna gradasi.
5. Selanjutnya, klik Text Tool, untuk membuat teks.
kn
8. Perhatikan di panel Layer di sudut kanan jendela program, di sana tampak 2 layer, yang terdiri dari layer background dan teks. Ketikkan teks.
kn5
9. Untuk menyisipkan gambar, pilih File klik Open. Untuk memasukkan gambar ke dalam kartu namamu, klik ikon Move Tool. Klik dan seret mouse (yang berisi gambar tadi) ke dalam layer kartu nama.
kn7
10. Jika kamu ingin mengganti warna background, cukup klik layer yang berisi warna background di panel Layers, lalu ubahlah. Jika telah selesai, satukan seluruh layer pada gambar. Caranya, klik menu Layer lalu pilih Flatten Image.
11. Kartu namamu sudah jadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.