Membuat Poster

Dua hari lalu telepon genggam saya berbunyi. Isi pesannya bertanya program apakah yang bisa digunakan untuk membuat poster. Awalnya saya bingung, tak tercantum nama dan nomornya pun tak saya kenali. Tapi biasanya yang bertanya seperti ini murid dan saya ingat kalau anak-anak sering sekali mengganti nomor telepon genggam mereka :).

Hmm, program apa yang tepat untuk membuat poster?
Ada banyak program yang bisa digunakan untuk membuat poster. Program pengolah grafis seperti Corel Draw, Freehand, Inkscape, Photoshop seringkali digunakan. Namun batasan tepat dan tidak itu juga tidak perlu diberlakukan kaku. Artinya, kita bisa membuat poster dengan menggunakan program yang ada.

Seperti pertanyaan murid saya berikutnya “Kalau Corel draw apa sudah ada di komputer, Bu?” Maksudnya adalah apakah program itu sudah terinstal satu paket dengan Office. Corel Draw adalah program terpisah. Untuk menggunakannya tentu saja kita perlu membeli program itu terlebih dahulu. Saya menyarankan ia untuk menggunakan program pengolah kata seperti Word. Jika ia ingin menggambar sendiri ia bisa menggunakan Paint kemudian menyalin gambar itu ke dalam program pengolah kata.

Mengapa Word dan Paint yang saya sarankan? Karena saya tahu keduanya telah ia pelajari dengan baik. Corel pun sudah namun kendalanya adalah tidak semua komputer memasang program itu. Pengganti program Corel yang tidak berbayar juga ada, yaitu Inskcape. Kita dapat mengunduhnya secara gratis di internet. Tampilan dan menu-menunya serupa dengan Corel. Cukup mudah dan singkat penggunaannya.

Pada dasarnya kita tidak harus tergantung pada program tertentu. Ada banyak pilihan dan sedikit membutuhkan kreatifitas untuk membuat sebuah karya yang indah dengan program yang minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.