Mesin Pencari Google

Standar Kompetensi mata pelajaran TIK kelas XI (mengikuti KTSP) adalah Menggunakan Internet untuk Keperluan Informasi dan Komunikasi.

Pertemuan pertama ini saya isi dengan bercerita mengenai mesin pencari Google.

Kegiatan:
Tanyakan kepada siswa:
1. kegiatan apa yang sering mereka lakukan ketika terhubung ke internet.
2. mesin pencari selain google.
3. mengapa memilih google.
4. Bagaimana cara mereka memperoleh informasi.

Pembahasan:
Pertama, saya akan bertanya kepada siswa mengenai hal-hal di atas. Ada beragam jawaban yang tentu saja sama menariknya dan kreatif :). Tidak bisa dipungkiri browsing atau mencari informasi adalah aktivitas yang paling sering kita lakukan ketika berselancar di dunia maya.

Mesin pencari apakah yang mereka gunakan ketika mencari informasi? Tidak salah, Google menempati urutan pertama. Selain google masih banyak mesin pencari lainnya, seperti: yahoo, bing, altavista, dan lain-lain. Tapi, mengapa kita lebih suka menggunakan google ya? Apa yang membedakan google dengan mesin pencari lainnya?
Akurat. Ya, hasil pencarian google lebih tepat jika dibandingkan mesin pencari lainnya. Itulah salah satu keunggulan google.

Bagaimana mesin pencari google itu bekerja sehingga bisa mendapatkan hasil pencarian yang benar? Sebelumnya, kamu masih ingat kisah Larry Page dan Sergey Bin ketika menciptakan mesin pencari google? (kebetulan saya pernah menceritakan kisah bisnis google ini kepada murid-murid saya). Kalau lupa, kamu bisa membacanya di sini.

Sekarang kita ikuti kisah mesin pencari google bekerja. Yuk, kita lihat slide di bawah ini.

Bisakah kamu bayangkan ketika kamu mengetikkan informasi yang ingin kamu cari di kotak pencarian dan kemudian menekan tombol Enter, pada saat itu mesin google bekerja seperti di atas. Berkeliling mencari informasi, setelah menemukan kata yang ingin dicari kemudian dibuatkan indeks. Berikutnya, saat proses indexing selesai dikerjakan, proses algoritma super-rumit akan mulai bekerja memilah konten mana yang diprediksi paling sesuai. Dan akhirnya, sistem akan menampilkan hasilnya kepada pengguna. Semua proses pencarian tersebut dilakukan dengan waktu supercepat, yaitu 1/8 detik saja. wow, keren sekali, bukan?

Kalau tadi kamu sudah mengetahui bagaimana mesin google bekerja, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan mesin pencari google untuk mendapatkan hasil yang cermat. Perhatikan slide berikut ini.

Jika sudah paham, selesaikan tugas praktik di bawah ini.

1. Gunakan kata kunci “weather”, untuk
a. kota besar di Jakarta. Tuliskan hasil pencarian yang diperoleh.
contoh: weather Bandung
Hasil: 18 °C|°F , Partly Cloudy, Friday 9.00 PM

b. Lakukan hal yang sama untuk kota kecil di Indonesia.
c. Ulangi untuk negara-negara besar di dunia
d. Ulangi kembali untuk negara bagian di belahan dunia

Tuliskan kesimpulan yang kamu peroleh dari penggunaan kata kunci weather.

2. Gunakan kata kunci “time”, untuk kondisi serupa seperti pada kata kunci “weather”
Tuliskan Hasil dan Kesimpulan

3. Gunakan kata kunci “sunrise” atau “sunset” untuk kondisi serupa di atas
Tuliskan Hasil dan Kesimpulan

4. Gunakan operator “OR”
Tuliskan Hasil dan Kesimpulan dari kata kunci OR

5. Gunakan operator “AND”
Tuliskan Hasil dan Kesimpulan

6. Gunakan kata kunci “in”
contoh: 5 USD in IDR
Hasil: 50385.00 Indonesian Rupiah
Kesimpulan: ….

Mudah, kan? Jika dalam pencarian kamu gagal mendapatkan informasi yang diinginkan, coba perhatikan dan ulangi dengan beberapa variabel lainnya. Barangkali ada informasi yang kamu lewatkan ;).

Leave a Reply

Your email address will not be published.