Panduan Blogging

Tulisan ini khusus untuk murid-murid saya yang ingin mulai membuat blog.

Hal mendasar untuk mulai menekuni dunia blogging adalah konsistensi dalam menulis. Apakah kamu suka menulis? Apa yang ingin kamu bagi? Mulai saja menulis dengan hal-hal yang menjadi minat atau kegemaranmu. Kalau kamu suka jalan-jalan mengapa tidak membagi cerita pengalaman perjalananmu di blog disertai dengan foto atau video buatanmu sendiri. Kalau kamu suka menonton film atau membaca buku, tulis saja resensi dari film atau buku yang sudah kalian lihat atau baca. Yang suka main games juga bisa menulis tip dan trik memenangkan pertandingan pada sebuah game online, misalnya. Dan masih banyak. Tentukanlah topik khusus yang ingin kamu tulis di blogmu.

Dahulu, ketika dunia blogging mulai tumbuh, banyak pakar yang menyarankan untuk menulis sebuah topik yang nieche. Maksudnya, pilihlah sebuah topik khusus untuk blogmu. Ini adalah salah satu faktor utama agar blog kita dapat berkembang dan bersaing di dalam jutaan blog yang tersebar di seluruh dunia. Keuntungan blog dengan topik khusus diantaranya adalah: (dikutip dari tulisan Pak Budi Putra, di blog Beliau dahulu di http://wwww.thegadgetnet.com).
1. Lebih mudah dikenali karena memiliki differensiasi (pembeda).
2. Lebih mudah menyedot komunitas alias pengunjung blog.
3. Lebih mudah mengelolanya karena pemilik blog hanya perlu menongkrongi isu-isu yang terkait dengan topik tersebut, jadi tidak perlu menongkrongi semua topik.

Lalu, bagaimana kalau aku ingin membuat blog tapi aku tidak suka menulis? Aku lebih suka bercakap-cakap. Jangan khawatir, gunakan saja podcast sebagai media mu untuk berinteraksi dengan pengunjung. Atau kalau kamu suka membuat film, ganti media tulisanmu dengan film.

Nah, nggak ada alasan lagi donk untuk tidak mulai berblogging ^_^. Jangan niatkan untuk mencari penghasilan terlebih dahulu. Tapi, kuatkan niat untuk berbagi ilmu, dan menulislah dengan cinta dan antusiasme. Jangan lupa, masa depan blog ada di content (isi). Isi tulisan yang menarik dari blogmu dapat menarik pengunjung untuk datang dengan sendirinya. Isilah dunia dengan warna-warni tulisanmu yang mencerahkan. Let’s go blogging 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.