PBL untuk Prakarya TIK

PBL (Project Based Learning) yang saya rancang untuk KBM tahun ini untuk kelas X adalah, jika memungkinkan menugaskan anak-anak baik sendiri atau kelompok merancang sebuah company profil dari UKM (Usaha Kecil Menengah). Untuk itu siswa harus mencari tahu serta mengolah data mengenai jenis UKM yang ada di sekitar mereka. Untuk sampai ke sini maka anak-anak perlu diberikan bekal materi mengenai pembuatan web dan juga desain grafis.

Tema kewirausahaan saya pilih untuk menyesuaikan dengan isi SI/KD yang ada di kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Prakarya Rekayasa. Dan dari sisi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi saya memilih untuk mengenalkan perancangan web kepada siswa. Dengan demikian diharapkan kewirausahaan dan teknologi, keduanya dapat saling mendukung demi tercapainya kepuasan dan pelayanan yang prima kepada pelanggan di dalam dunia usaha.

Sebagai gambaran kasar, untuk materi pembuatan web bahasa pemformatan yang akan saya ajarkan adalah HTML dan sedikit pengetahuan JQuery Mobile. Untuk teori HTML beserta proses uploading ke hosting sudah pernah saya tuliskan di sini. Silakan dilihat di kategori materi pengajaran.

Sementara untuk teori kewirausahaan silakan dibaca buku-buku yang membahas mengenai kewirausahaan atau searching ke paman google 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.