Perancangan Produk #2

Mata Pelajaran: Prakarya dan Kewirausahaan
Kelas: X

Setelah mempelajari konsep perancangan produk di sini, maka ini lah tahap pengerjaan yang mulai dilakukan oleh siswa-siswa saya.

1. Minggu pertama dimulai dengan menuliskan secara singkat deskripsi rancangan produk dari setiap kelompok.

contoh:
pp
2. Pertemuan berikutnya adalah merancang media promosi. Media promosi dapat berupa poster, pamflet, spanduk, brosur, dan lain-lain. Saya menugaskan setiap kelompok untuk mempersiapkan satu media promosi yang bisa mereka pilih sendiri, selain poster yang merupakan pilihan wajib.

Penugasan 2 media promosi ini dimaksudkan agar satu media promosi dibuat dengan menggunakan bantuan perangkat TIK, dan lainnya dirancang dengan bikinan tangan sendiri.

Untuk itu di pertemuan ini siswa diharapkan membawa alat-alat gambar sendiri, seperti: spidol, crayon, kertas warna-warni, lem, gunting, dan sebagainya. Mereka bebas berkreasi merancang desain publikasi untuk produk mereka sendiri.

contoh:
photo (1)
poster

3. Di pertemuan berikutnya, siswa dapat merancang desain produk mereka dengan menggunakan program grafis seperti Corel Draw, Inkscape, atau Photoshop. File rancangan promosi produk mereka dapat disimpan dalam bentuk digital. Media penyimpanannya boleh menggunakan cloud storage.

4. Selain itu siswa diharuskan membuat media promosi dalam bentuk iklan digital. Setiap kelompok bebas berimajinasi mempromosikan produk mereka dalam bentuk film pendek. Film ini nantinya dapat diunduh ke youtube.

5. Tahapan akhir dalam semua perancangan produk di atas adalah membuat blog yang berisi dari tahapan awal pengerjaan produk mereka sampai proses launching produk dalam bentuk film pendek.

Leave a Reply

Your email address will not be published.