Pixel Art

Minggu kemarin kegiatan belajar anak-anak adalah mengenal Pixel (Piksel). Saya menugaskan mereka untuk membawa kertas berpetak. Untuk yang tidak membawa kertas berpetak dapat membuat kotak bergaris yang berisi 10 kolom dan 10 baris. Atau kalau ingin objek gambar lebih rumit bisa menambah 20 kolom dan 20 baris. Hari itu anak-anak cukup menggambar dengan kertas berpetak.

Apa itu Piksel?
Piksel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci.

Piksel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris Picture Element yang disingkat menjadi Pixel. Pada ujung tertinggi skala resolusi, mesin cetak gambar berwarna dapat menghasilkan hasil cetak yang memiliki lebih dari 2.500 titik per inci denga pilihan 16 juta warna lebih untuk setiap inci, dalam istilah komputer berarti gambar seluas satu inci persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150 juta bit informasi.

Monitor atau layar datar yang sering kita temui terdiri dari ribuan piksel yang terbagi dalam baris-baris dan kolom-kolom. Jumlah piksel yang terdapat dalam sebuah monitor dapat kita ketahui dari resolusinya. Resolusi maksimum yang disediakan oleh monitor adalah 1024×768, maka jumlah pixel yang ada dalam layar monitor tersebut adalah 786432 piksel. Semakin tinggi jumlah piksel yang tersedia dalam monitor, semakin tajam gambar yang mampu ditampilkan oleh monitor tersebut. (sumber: wikipedia)

Berikut ini adalah slide untuk materi Pixel

contoh gambar:
piksel

Kata siswa saya, “seperti minecraft ya, Bu?” 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.