Prakarya dan Kewirausahaan

Tahun ajaran baru sudah dimulai. Untuk materi kelas X saya memilih budidaya tanaman dan kelas XI MIA dengan aspek Rekayasa.

Pertemuan pertama saya membagi siswa ke dalam 6 kelompok. Jumlah siswa keseluruhan 36 murid.
Setiap anggota dalam kelompok kerja akan berperan sebagai pelaku bisnis, yang terdiri atas:
1. CEO, Chief Executive Officer atau pemimpin startup)
2. CTO, Chief Technical Officer atau ahli teknologi)
3. CFO, Chief Financial Officer aau ahli keuangan)
4. COO, Chief Operating Officer atau pemimpin operasional)
5. CMO, Chief Marketing Officer atau ahli pemasaran)
6. Wakil presiden penjualan

Mereka akan membuat perusahaan rintisan berkantor di setiap bagian kelas yang mereka pilih untuk mereka jadikan kantor. Layaknya sebuah perusahaan setiap anggota bertanggungjawab terhadap tugasnya masing-masing. Salah satu tugas COO (merangkap HRD, kepanjangan dari Human Resources and Develompment atau Personalia) adalah mengevaluasi kinerja setiap anggota atau karyawan. Jika diketahui ada karyawan yang tidak melaksanakan tugasnya dengan baik atau melakukan pelanggaran maka COO dan CEO berhak memberhentikan karyawan tersebut sesuai dengan prosedur yang telah disepakati. Karyawan yang diberhentikan dari pekerjaannya harus mencari pekerjaan di 5 perusahaan (5 kelompok lainnya) dengan memasukkan lamaran (mengirim CV). Perusahaan yang menerima karyawan tersebut berhak melakukan tes interview kepada karyawan tadi. Perusahaan yang kehilangan pegawainya boleh membuka lowongan kerja. (sebagai tambahan, jumlah anggota di setiap kelompok diusahakan agar tetap/seimbang).

Kegiatan penanaman modal sepenuhnya diserahkan kepada setiap kelompok. Mereka boleh memilih model saham, hutang, atau crowdfunding. (silahkan lihat di sini untuk penjelasannya).

Prosedur kegiatan:
1. Guru akan membagi pertemuan secara berkala dan bergantian. Sebagai contoh 4 kali pertemuan memberikan materi dasar HTML (untuk bekal mengedit toko online). Minggu ke 5 s.d 8 memberikan materi bisnis. Minggu ke 9 dstnya untuk pengolah gambar dll.
Toko online dan semua tugas yang berkaitan dengan teknik akan dikerjakan oleh seorang CTO.
Desain akan ditangani oleh CMO yang bertugas untuk memasarkan produk dengan membuat media promosi baik online atau offline, seperti poster, brosur, dll.
Pimpinan pembuatan produk oleh CTO dengan semua karyawan.
CFO akan bertanggungjawab untuk semua pelaporan keuangan.
Wakil presiden penjualan membuat dan membangun interaksi dengan konsumen melalui akun sosial media. Bagian penjualan diharapkan mampu untuk menjual produk.
Pemimpin perusahaan harus mengetahui semua tugas dan tanggungjawab karyawannya. Setiap keterlambatan tugas maka menjadi tanggungjawab pemimpin. Demikian juga kerja tim karyawannya. Seorang pemimpin bukan hanya memberikan perintah namun ia harus bisa dan menguasai semua pekerjaan karyawanya, seperti mampu mengelola toko online, membuat desain, menjual, memasarkan, memperhitungkan profit serta mampu dan mengetahui prosedur pembuatan produk yang diproduksi.

2. Di selang pemberian materi itu maka setiap kelompok harus sudah memulai untuk membuat produknya. Produk yang bagus berawal dari banyak kegagalan. Jadi, mereka akan belajar untuk memperbaiki dan membuat ulang kembali produk sampai layak jual.

Materi Produk
Kelas X, produk pilihan adalah hidroponik sayur. Setiap kelompok bebas memilih jenis sayuran hidroponik yang akan diproduksi.

Kelas XI, produk pilihan adalah konversi energi dengan memanfaatkan panel surya. Setiap anggota kelompok boleh memilih produk lampu hias, lampu taman, miniatur rumah, mobil panel surya atau yang lainnya untuk diproduksi.

Oke, sementara itu dulu ya 🙂

#startup

Leave a Reply

Your email address will not be published.