Presentasi Hasil Wawancara Profil Entrepreneur #1

Mata Pelajaran: Prakarya dan Kewirausahaan
Kelas: X

Sebutan Entrepreneur umumnya ditujukan kepada pengusaha yang bergerak di bidang IT.

Merujuk kepada tugas wawancara tokoh entrepreneur di pembelajaran sebelumnya di sini, berikut ini adalah resume dari hasil wawancara.

photo (3)

a. Johar Alam Rangkuti
Johar Alam selain menjadi wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia juga Chairman PT Internetindo Data Centra Indonesia (IDC), Perusahaan jasa interkoneksi dan data center.

IDC Indonesia adalah carrier-neutral data center. Atau lebih mudahnya adalah tempat berkumpul dan saling terhubungnya seluruh jaringan Indonesia. Salah satu tujuan dari dibentuknya data center adalah agar tarif internet lebih murah dan kecepatan aksesnya tinggi.

Menurut Johar Alam, pendirian IDC terinspirasi oleh karena saat itu belum adanya tempat para ISP (penyedia jasa layanan internet) dan operator bisa saling terkoneksi, sehingga dibentuklah IDC untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Oya, ada pesan bagus dari Kak Johar, Beliau bilang “Jangan percaya kalau ada yang bilang Indonesia terbelakang. Mungkin kita hanya kalah dalam penetrasi internet belum mencapai seluruh Indonesia, namun di bidang pengembangan teknologi kita termasuk di depan.”

(kelompok Ibnu Handono dkk)

b. Nielson Assa
Pendiri perusahaan Infotek yang berbasis di kota Manado, Sulawesi Utara. Perusahaan ini bergerak di bidang penyedia solusi IT (Informasi dan Teknologi) yang mencakup jaringan komputer (LAN/WAN/WiFi/Long Range Wideband Wireless), akses global serta web hosting.

Motivasi didirikannya perusahaan ini adalah karena Bapak Nielson Assa ingin me-merdekan daerah Manado dan Sulawesi Utara, agar dapat semakin maju di bidang informasi dan teknologi, dengan membangun dan menyediakan infrastruktur yang dapat digunakan oleh masyarakat umum, dengan kondisi kualitas terbaik dan biaya yang serendah mungkin supaya dapat terjangkau oleh masyarakat.

Moto Infotek adalah Prestasi=Reputasi=Profit

Barang yang diproduksi oleh Infotek adalah jasa konsultasi perancangan dan pembuatan jaringan komputer, baik menggunakan kabel ethernet, fiber optik maupun long range wireless untuk solusi Local Area Network (di dalam area kecil rumah/kantor/sekolah/hotel/resort), WAN (jaringan antar kota, pulau, dan propinsi) dan penyedia jaringan ke global internet, baik Domestik/IIX maupun Internasional/IX (International eXchange)

Usaha yang ditawarkan oleh Infotek bergerak di bidang jasa berupa akses ke jalur informasi, komunikasi, ilmu pengetahuan dan hiburan dengan jangkauan seluruh dunia, tanpa batas selama semua user dan content terhubung dengan internet, semua bisa diakses, berkomunikasi, bersosialisasi dan memajukan pendidikan dan skill/keahlian masing-masing individu, dalam hal ini pelanggan Infotek.

Intinya, menurut Bapak Nileson, semua orang butuh internet, untuk bermain, belajar, hiburan, sosialisasi, berkomunikasi dan berdagang. Untuk Beliau alasan-alasan itu cukup membuat usaha Infotek berguna untuk masyarakat. Internet sudah menjadi bagian hidup seperti layaknya air mineral. Tugas mereka di Infotek adalah memberikan koneksi/jaringan internet kepada seluruh pelanggan dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau. “Bila masyarakat teredukasi dengan adanya internet, saya yakin masa depan negara akan sangat cemerlan, tidak akan ada lagi pembodohan teknologi oleh pihak asing”, tambah Bapak Nielson Assa.

Dan inilah tips Bapak Nielson untuk anak-anak muda.
“Dream high as you are going to live forever, live and work hard as you are going to die tomorrow. Berencanalah setinggi mungkin seperti kamu akan hidup selamanya, hidup dan bekerja keras seperti kamu akan mati besok.
Moral stories: Bikin planning untuk kehidupan kalian dan jangan buang-buang waktu melakukannya. Semua di dunia ini bisa dibeli kecuali nafas hidup dan waktu.

Untuk kata-kata bijak lainnya dari Beliau kalian bisa ke sini loh.

(Kelompok Febrila Christi)

3. Aulia Halimatussadiah (Ollie)
Aulia Halimatussadiah adalah pendiri Nulisbuku.com. Nulisbuku adalah self publishing atau penerbitan mandiri. Tujuan didirikannya Nulisbuku untuk menyediakan wadah bagi orang-orang yang memiliki minat dalam bidang menulis untuk menyalurkan bakatnya. Informasi lebih lengkap dapat dibaca di situs mereka di sini.

Singkatnya, untuk mereka yang suka menulis dan ingin menerbitkan buku maka harapan kamu itu dapat terwujud dengan mendaftar dan menjadi anggota di situs nulisbuku.com. Di sini kamu bisa mengunggah karya tulismu. Tim Nulisbuku selanjutnya akan memamerkan karya bukumu di situs mereka, dalam bentuk sampul buku dan biasanya dilengkapi file contoh dari isi bukumu. File contoh ini memiliki kegunaan agar calom pembaca bukumu dapat mengetahui jalan cerita dari tulisanmu. Jika ada pembeli yang tertarik kepada bukumu maka ia dapat melakukan transaksi melalui Nulisbuku. Setelah proses transaksi selesai maka bukumu segera dicetak dan dikirim oleh pihak Nulisbuku dalam format buku cetak kepada si pembeli buku tadi.

Nah, apakah kamu mendapat royalti (keuntungan yang diperoleh dari penggunaan properti seperti hak paten atau hak cipta) dari pembelian buku karyamu tadi? Tentu saja. Keuntungan yang diperoleh akan ditransfer ke rekening milikmu.

Ada nasihat bagus dari Kak Ollie untuk anak-anak muda yang memiliki ketertarikan di bidang menulis tetapi sulit untuk menyalurkannya, yaitu:
Hal paling sederhana adalah mulailah membuat blog atau jurnal harian. Di sana kalian bisa menulis pengalaman yang kalian dapatkan setiap harinya di blog. Karena, semua pengalaman itu akan lewat begitu saja kalau kalian tidak dokumentasikan. Jadi, coba kalian dokumentasikan pengalaman-pengalaman itu dalam bentuk tulisan di blog terlebih dahulu. Kalau kalian sudah sering menulis di blog, kalian akan selalu berusaha mencari bahan untuk tulisan kalian di blog. Dan kalau sudah terkumpul banyak, tulisan-tulisan tersebut bisa kalian jadikan buku dan kalian taruh di Nulisbuku.com, sehingga jika ada yang tertarik buku kalian bisa dicetak.

(Kelompok Fairaniah Khansa)

Lanjut di tulisan berikutnya besok aja ya, insya Allah, udah mulai mengantuk nih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.