AIESEC

Di tengah kegiatan belajar mengajar siang ini kelas kami kedatangan tamu dari AIESEC. AIESEC adalah organisasi kepemudaan yang tersebar di seluruh dunia yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan kepemimpinan anak muda yang peduli dengan isu-isu global. Para peserta program pertukaran sosial yang terdiri dari anak-anak muda ini melakukan projek sosial program Community Development Program (Program Pertukaran Sosial).

Alex dari jerman, Lan dari Vietnam dan 2 orang pendamping dari Indonesia mempresentasikan tentang kepunahan hewan dan tumbuhan. Tayangan slide berisi satwa-satwa liar dan langka yang terancam punah ini jumlahnya semakin hari semakin berkurang disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya: perburuan oleh manusia, kerusakan alam (pembakaran hutan, penebangan pohon secara liar), dan lain-lain. Ada juga permainan menebak nama-nama hewan langka. Hadiahnya boleh juga loh, coklat. Sstt.. Ibu Guru juga sebenarnya mau sih.. hehe.

Nah, kalau sudah tahu penyebab terancam punahnya hewan dan tumbuhan ini maka apa sih yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kelestarian hidup mereka?
1. jadikan gaya hidup hijau sebagai gaya hidup kita sehari-hari
2. Mendukung penggunaan energi terbarukan
3. Jangan membeli barang-barang yang dibuat (diambil) dari bagian hewan-hewan yang terancam punah tersebut. Lainnya silakan baca di slide foto di bawah ini.

IMG_4004

Selain melakukan seperti yang tercantum di slide di atas, ada loh hal-hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan, seperti: jangan membuang sampah sembarangan (ini sangat penting. Bayangkanlah jika sampah-sampah tersebut dibuang ke sungai dan selanjutnya sampai ke laut. Tentu saja gunungan sampah ini akan menyebabkan polusi bagi hewan-hewan di laut, belum lagi kecelakaan yang dapat menimpa hewan-hewan tidak bersalah tersebut). Apa lagi? Matikan lampu jika tidak diperlukan. Naik sepeda untuk pergi ke tempat-tempat yang jaraknya dekat. Matikan mesin kendaraan jika berhenti, dan kegiatan 3R (Reuse, Recycle, Reduce).

Menukil kalimat di video yang tadi ditayangkan, Nature doesn’t need people. People need nature. Ingat dan renungkanlah kalimat di atas baik-baik.
Sebagai makhuk hidup yang diberikan akal pikiran oleh Tuhan Yang Maha Esa maka kita harus menggunakan anugerah ini sebaik-baiknya.

Menjaga alam semesta adalah tanggungjawab kita semua atas masa depan planet ini. Jika bumi hancur karena keserakahan dan ketidakpedulian kita sendiri, maka kemana kita akan pergi?

Seperti pesan pada video di awal presentasi, bahwa untuk melengkapi kehidupannya di dunia, manusia membutuhkan makhluk hidup lainnya, yaitu hewan dan tumbuhan. Tanpa salah satu diantaranya maka kehidupan manusia akan timpang, keseimbangan alam akan terputus. Maka, sebelum terlambat, mari kita peduli.

IMG_4009
IMG_4011

Leave a Reply

Your email address will not be published.