Sekolahnya Manusia, Munif Chatib


dokumentasi: dari sini

Buku dari penerbit Kaifa ini membahas tentang metode dan model pembelajaran kecerdasan majemuk atau yang lebih dikenal dengan Multiple Intelligences (MIS). MIS, atau kecerdasan majemuk pertama kali dikenalkan oleh Howard Gardner, psikolog dari Harvard University. Menurut Gardner, kecerdasan dan gaya belajar setiap anak itu berbeda. Karena itulah metode pembelajaran dengan menggunakan MI dipersiapkan untuk mengakomodasi perbedaan individu tersebut.

Buku Sekolahnya Manusia ditulis oleh Munif Chotib, CEO Next WorldView, sebuah lembaga konsultan dan pelatihan pendidikan. Beliau adalah seorang pakar multiple intelligences. Dalam bukunya ini Beliau menuliskan hasil riset MI nya untuk diterapkan di Indonesia. Disertai juga model-model pembelajaran MI yang telah diterapkan di sekolah binaannya.

Beberapa metode di antaranya adalah:

1. Bercerita
Bercerita dapat mengembangkan kemampuan baca tulis. Metode bercerita dapat diberikan guru untuk murid-murid yang mengalami kesulitan membaca dan menulis. Dengan cerita-cerita yang memotivasi seorang anak dapat digairahkan minatnya untuk belajar membaca dan menulis.

2. Melukis Angka
Metode mengajarkan penjumlahan dengan cara melukiskan angka-angka penjumlahan pada kertas folio yang disambung berjejer di dinding kelas. Metode ini dapat digunakan untuk anak yang sulit belajar mengenal angka dan penjumlahan namun mempunyai kelebihan dalam menggambar dan mewarnai (kecerdasan spasial visual)

Mengelola pembelajaran di dalam kelas adalah hak Anda sebagai pendidik, Namun tak ada salahnya mencoba berbagai pilihan lain. Dan mengapa tidak memulainya dari sini?

Leave a Reply

Your email address will not be published.