AdWords dan AdSense

Masih ingat bisnis yang dijalankan oleh Google, yang pernah ditulis di sini?

Google memberikan kesempatan kepada kita untuk mendapatkan penghasilan melalui blog melalui fasilitas google Adwords dan Google Adsense. Nah, apa perbedaan keduanya? Dan bagaimana caranya? Yuk, kita baca tulisan di bawah ini.

1. Google AdWord, adalah bentuk periklanan yang ditawarkan oleh google kepada pemasang iklan untuk beriklan di internet. Google AdWord juga merupakan layanan iklan berbayar.

Bagaimana memasang iklan di google AdWord
Pertama kali adalah mengunjungi laman situs google adword di www.adwords.google.com. Selanjutnya pilih ‘start now’ lalu pilih jenis standar yang diinginkan dan lanjutkan dengan mengklik ‘continue’. Kamu bisa mengikuti tahapan-tahapan pembuatan iklan selanjutnya di website tersebut.

Cara Kerja Google AdWord
Penemuan terhadap halaman situsmu sangat dipengaruhi oleh penggunaan kata kunci adwords yang kamu tetapkan saat mendaftar di google adword pertama kali. Kata kunci ini yang akan mendukung terhadap proses pencarian para pengguna internet sebagai bentuk representasi dari iklan yang kamu masukkan.

Situs mu selanjutnya akan ditampilkan pada mesin pencari google pada saat para pengguna melakukan browsing.

~ Tentukan kata kunci situsmu dengan tepat ~

Cara pembayaran
Konsep iklan yang diterapkan meliputi sistim pay per click (PPC) atau bayar setiap kali diklik dan beriklan di situs-situs sasaran.

Pembayaran google adword biasanya dilakukan di muka sebelum kamu menerima klik apapun. Setelah iklan kamu menerima banyak klik, maka adwords secara otomatis akan mengurangkan biayanya yang diambil dari saldo prabayar yang sudah kamu bayarkan.
Iklan kamu di google adword hanya akan segera berjalan setelah pihak adwords menerima pembayaran dana darimu.

Apabila akun milikmu kehabisan dana, maka iklan tersebut akan berhenti ditayangkan, dan akan kembali ditayangkan apabila kamu kembali membayar. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu selalu mengecek deposit saldo akun milikmu secara teratur agar tidak terjadi penghentian secara mendadak. Biasanya kamu akan selalu diingatkan oleh pihak google adword dan google adWords akan mengirimkan email otomatis ketika dana milik kamu tinggal tersisa sedikit dan juga ketika saldo mu menjadi nol.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan melakukan pemasangan iklan melalui google adword, diantaranya adalah:
1. Pemilik iklan dapat membuat iklannya sendiri. Google adword memberikan kesempatan kepada pemiliknya untuk membuat sendiri sebuah iklan yang ingin ditampilkan di halaman mesin pencari, sehingga kamu tak perlu merasa khawatir kalau-kalau iklan yang ditampilkan tidak sesuai dengan harapan yang kamu inginkan.
2. Biaya yang cukup terjangkau. Biaya untuk memasang iklan di google adword cukup terjangkau bila dibandingkan misalnya kamu melakukan iklan di media cetak. Kemurahan harga tersebut tentunya dibandingkan dengan efektivitas dari pemasangan iklan tersebut. Iklan kamu di google adword akan dibaca oleh seluruh orang di dunia, berbeda dengan iklan di media cetak yang jumlah pembacanya biasanya terbatas pada kawasan tertentu saja.
3. Iklan di googel adword hanya akan meminta bayaran pada kamu apabila memang ada yang melakukan klik pada iklanmu, sehingga sangat adil dan tidak memberatkan pendanaan dari sisi pebisnis.
4. Kamu bisa menyajikan adword sesuai dengan jenis iklan yang kamu tampilkan sehingga kamu bisa lebih yakin terhadap tampilan iklan yang ditampilkan.
5. Layanan google adword tersebut bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, baik untuk usaha bisnis berukuran kecil maupun besar, karena dari segi tarif harga sangat terjangkau. Disamping itu peluang manfaat yang diperoleh dari pemasangan iklan di google adword tersebut cukup prospek untuk dikunjungi oleh para pengguna internet.

2. Google AdSense
Jika AdWord diperuntukkan untuk pemasang iklan yang ingin menayangkan iklannya maka Google AdSense adalah cara gratis dan sederhana bagi semua penayang situs web, besar maupun kecil, untuk memperoleh uang dengan menampilkan iklan Google yang bertarget di situs web mereka.

Jadi, semua pemilik situs bisa menampilkan iklan-iklan yang didistribusikan google di situs mereka.

Masih ingat, bukan bahwa biasanya iklan-iklan yang ditampilkan sesuai dengan isi halaman web tempat AdSense ditempatkan. Sistim pembayaran yang ditawarkan google adalah per-klik atau per-lihat pada iklan yang ditampilkan.

Kamu juga dapat menggunakan AdSense untuk memberikan penelusuran Google kepada pengunjung situs mu sekaligus memperoleh penghasilan dengan menampilkan iklan Google pada laman hasil penelusuran.

Cara Kerja AdSense
1. Kamu menyediakan ruang iklan
Kamu menentukan tempat yang kamu inginkan untuk menampilkan iklan
Kamu memilih jenis iklan yang dapat bersaing untuk ruang tersebut

2. Iklan yang membayar paling tinggi akan muncul di situs mu

3. Kamu dibayar
Google menangani pengiklan penagihan dan jaringan iklan

1. http://bisniskaos.com/2012/02/14/apa-itu-google-adwords-dan-cara-kerjanya/
2. https://support.google.com/adsense/answer/9712?hl=id&ref_topic=1319753

Leave a Reply

Your email address will not be published.