Bauran Pemasaran

Bauran Pemasaran
Strategi pemasaran sangat diperlukan dalam sebuah bisnis. Dalam strategi pemasaran ini, terdapat bauran pemasaran yang menampatkan komposisi terbaik dari variabel-variabel pemasaran, untuk dapat mencapai sasaran pasar yang dituju, dan sekaligus mencapai tujuan dan sasaran perusahaan.

Ada empat komponen bauran pemasaran, yang dikenal dengan istilah 4 P, yaitu:
1. Product (Produk)
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, qulality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, dan returns.

2. Price (Harga)
Price atau harga yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hak milik produk. Harga melipiti last price, discount, allowance, payment period, credit terms, dan retail price.

3. Place (Tempat)
Yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan atau dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, dan transport.

4. Promotion (Promosi)
Yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, dan direct marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.