Media Promosi

Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.

Macam-macam media promosi:
brosur: terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu (antara lain dengan stapler, benang, atau kawat), biasanya memiliki sampul, tapi tidak menggunakan hard cover.

Kartu nama: sarana informasi mengenai seseorang atau suatu perusahaan. Selain itu kartu nama juga berfungsi sebagai alat promosi yang baik dan efektif untuk mengesankan dan mempertahankan hubungan dengan klien

Flyer: bentuk media promosi ukuran kecil. Flyer juga termasuk ke dalam kelompok pamflet.

Poster: karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.

Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, sosialisasi dan dekorasi. Selain itu bisa berupa salinan karya seni terkenal. Tujuan poster adalah untuk mengingatkan kembali dan mengarahkan pembaca untuk melakukan sesuatu yang disebutkan dalam poster tersebut.

A. Jenis Poster
Poster memiliki 2 macam jenis, yaitu: berdasarkan isi dan berdasarkan tujuannya.

1. Jenis poster berdasarkan Isi
a. Poster Niaga, adalah poster yang dibuat untuk media komunikasi dalam urusan perniagaan untuk menawarkan suatu barang, atau jasa.
b. Poster Kegiatan, yakni poster yang berisi pelaksanaan suatu kegiatan. Misal: kegiatan pentas seni, kegiatan seminar, kegiatan sosial, kegiatan pameran, dan lain-lain.
c. Poster Pendidikan, yakni poster yang memiliki tujuan untuk memberi penerangan atau penyuluhan. Poster jenis ini biasanya digunakan untuk kegiatan kebersihan, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya.
d. Poster Layanan Masyarakat, berisi tentang informasi mengenai pelayanan masyarakat atau pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat.
e. Poster Seni, berisi mengenai ekspresi dan desain grafis yang bertujuan untuk seni. Hal ini biasanya dijadikan sebagai media komunikasi sekaligus media ekspresif bagi para pelajar dan mahasiswa dalam menuangkan ide kreativitas mereka.

2. Jenis poster berdasarkan Tujuan
a. Poster Propaganda memiliki tujuan untuk mengembalikan semangat pembaca atas perjuangan atau usaha seseorang dalam melakukan segala hal yang bermanfaat bagi kehidupan sosial. Misal: Go Green (pada poster pecinta lingkungan)
b. Poster Kampanye, bertujuan untuk mencari simpati dari masyarakat pada saat akan dilakukannya pemiliahn umum.
c. Poster Wanted, bertujuan untuk memuat sayembara bagi masyarakat yang menemukan orang yang dicari oleh seseorang, instansi, pemerintah, atau negara.
d. Poster Cheesecake, bertujuan untuk menarik perhatian publik, terutama masyarakat muda yang sedang menggandrungi sesuatu. Misalnya, poster berisi gambaran anak-anak Punk, bintang Rock dan artis pujaan.
e. Poster Film, bertujuan untuk mempopularkan film-film yang diproduksi dalam industri perfilman.
f. Poster Komik, untuk mempopularkan buku komik yang sempat mengalami masa kejayaan di tahun 1960-an.
g. Poster Afirmasi, bertujuan untuk memotivasi pembaca dengan menggunakan kata-kata yang tertulis di poster tersebut.
h. Poster Riset atau Kegiatan Ilmiah, bertujuan untuk mempromosikan berbagai kegiatan ilmiah sehingga mengundang para pelaku akademik untuk ikut andil dalam mengapresiasi kegiatan tersebut.
i. Poster Kelas, bertujuan untuk memotivasi pelajar agar bisa belajar dengan baik dan termotivasi untuk mencapai cita-cita yang diharapkan. Poster ini biasanya muncul di ruang-ruang kelas.
j. Poster Komersial, bertujuan untuk mempromosikan sesuatu yang dibuat dengan budget tertentu, biasanya poster niaga yang terdapat di jalan raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.