Membuat Kincir Angin

Materi kelas XI untuk mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan adalah mengenai Pembangkit Listrik Sederhana.

Pada semester ini anak-anak belajar mengenai produk rekayasa pembangkit listrik sederhana seperti pembangkit listrik energi angin, air, surya, dan biogas.

Siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok bebas memilih berbagai aneka jenis produk rekayasa yang akan dibuat.
Sebagai panduan maka Guru akan memberikan contoh prototipe dari setiap produk rekayasa. Tentu, nantinya siswa diharapkan berkreasi sendiri. Peran Guru hanya memaparkan konsep bekerja dan pembuatan produk rekayasa tersebut.

Prototipe produk rekayasa kincir angin

Selanjutnya, siswa akan membuat laporan yang ditayangkan secara online di web yang mereka buat sendiri. Materi yang ada di dalam web termasuk animasi produk, foto atau gambar dan video pembuatan produk rekayasa yang mereka pilih. Untuk itu pula selama semester ini Guru akan memberikan pengetahuan pemrograman web berupa HTML, CSS, dan JavaScript.

Bagaimana dengan pembelajaran kewirausahaannya? Produk rekayasa yang mereka buat akan dijual secara online dan offline.
Inginnya Ibu Guru sih produk rekayasa yang dibuat oleh setiap kelompok akan dikemas seperti ini. Mereka pun akan melampirkan petunjuk penggunaan dari produk tersebut.

Pembelajaran TIK tetap harus ada kalau belajar bersama Ibu Guru yang ini ya… hehehe 😉

motordandinamo

ACDC

Dinamo-DC

Multimeter, alat untuk mengukur tegangan, hambatan dan arus litrik.
FullSizeRender (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published.