Semester Genap 2020-2021

Kelas: XII

Aspek: Pengolahan

Kompetensi Dasar (Pengetahuan)

3.1 Memahami perencanaan usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

Kompetensi Dasar (Keterampilan)

4.1 Menyusun perencanaan usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

Semester genap 2021 semua sekolah di DKI Jakarta disarankan untuk masih melakukan Pembelajaran Jarak Jauh. Berikut ini adalah pembelajaran PKWU yang akan saya terapkan kepada siswa-siswa saya, yaitu mengenalkan pada mereka profesi masa depan yang bisa mereka pilih kelak. Apa itu? Web developer. Penjelasan mengenai pengertian web developer ada di posting sebelumnya ya. Web developer termasuk ke dalam pilihan karir yang menjanjikan di masa depan loh. Nggak percaya? Coba lihat di sini.

sumber: https://www.instagram.com/p/CGNA7CPgHDi/

Di sini mereka akan membuat laporan kegiatan usaha yang telah mereka lakukan dalam format online, tepatnya membuat situs profil perusahaan. Oleh karena itu, sebelum masuk ke dalam ranah pemrograman, siswa akan dibagi ke dalam kelompok, Setiap kelompok harus mempersiapkan 1 folder untuk menyimpan semua berkas (file) untuk kelengkapan situs company profile mereka nantinya.

Tahapan yang dilakukan siswa

  1. Membuat perencanaan usaha menggunakan design thinking untuk menggali ide produk dan membuat rencana usaha dengan model bisnis kanvas.
  2. Membuat logo, merancang filosofi logo, menentukan visi dan misi perusahaan (untuk halaman pertama web).
  3. Membuat narasi tentang anggota kelompok dan pembagian tugas setiap anggota kelompok (untuk halaman kedua web).
  4. Membuat produk dan mendokumentasikannya ke dalam foto dan video (IGTV, youtube), membuat daftar menu (untuk halaman ketiga web)
  5. Mempelajari HTML, CSS dan javascript untuk memasukkan semua file yang telah disusun di atas.
  6. Melakukan uploading web ke free web hosting.
  7. Tadaaa…. situs company profile telah tayang ๐Ÿ™‚

Sebagai contoh, silakan lihat contoh company profile ibu guru di sini ya ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published.