Kemasan Produk

Mata Pelajaran: Prakarya
Kelas: X
Semester: Genap
Materi: Kemasan Produk
Pertemuan: 2 (1 b)

Melanjutkan materi di pertemuan 1.

Tantangan bagi perancang kemasan adalah menciptakan kemasan yang mampu melindungi produk, melindungi konsumen, membuat produk menjadi mudah untuk disimpan dan dipindah-pindahkan, memberikan informasi tentang produk, menciptakan daya tarik saat didisplay, ramah lingkungan, memberikan kenyamanan, ekonomis, legal, dan menciptakan promotion value.

Tantangan tersebut semakin dinamis dengan semakin cepatnya perubahan yang terjadi di lingkungan luar, khususnya pada konsumen dan budayanya. Suatu kemasan yang dulu berhasil menciptakan image, saat ini berkurang kemampuannya akibat terjadinya pergeseran persepsi terhadap kemasan dan produk tersebut. Itu sebabnya, agar efektif, suatu kemasan harus diadaptasikan dengan budaya baru, perbedaan selera, dan pola konsumsi yang baru.

Kemasan yang baik mampu mengeleminasi pemilihan strategi antara harga atau produk (price or product method). Zaman dahulu produsen akan membuat strategi dari sebuah keputusan target pasar yang akan dituju pertimbangannya. Secara tradisional adalah antara memilih dasar harga yang murah dengan konsekuensi kualitas produk yang lebih rendah atau kebalikannya. Namun, sekarang kemasan produk yang baik akan sangat membantu menjadi penengah dalam mengoptimalkan pilihan. Yaitu, mampu menampilkan produk yang cantik dengan harga yang terjangkau dan pasar yang lebih luas. (Disarikan oleh llham)

sumber : http://pengusahamuslim.com/pentingnya-kemasan-produk-1847#.Usb3m_QW2Ag

Maka, produk kemasan sejatinya harus memuat berikut ini:
1. Menarik dan punya memiliki ciri khas
2. Memuat informasi yang jelas dan jujur
3. Memiliki desain, warna, dan bentuk yang menarik disertai dengan komposisi yang seimbang
4. Ukuran dan material bahan sesuai kebutuhan

Slide materi pembelajaran untuk pertemuan 2 dapat dilihat di bawah ini:

untuk mengunduh slide, silakan ke sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.