Program Pembuat Video

Ada banyak program pembuat video, salah satu yang paling mudah adalah Windows Movie Maker. Movie Maker adalah program yang disediakan oleh windows untuk membuat video sederhana.

Cara menjalankan Windows Movie Maker adalah Start > All Programs > Windows Movie Maker

Ini tampilan jendela Windows Movie Maker (WMM)
bab4.1

bab4.2

Sebuah film akan terdiri dari klip pembuka dan penutup. Klip pembuka biasanya berisi judul atau kalimat pembuka untuk sebuah film. Sedangkan pada klip penutup akan tertera informasi yang berhubungan dengan film tersebut. Informasi itu bisa berupa tanggal penayangan, nama aktor dan aktris, dan sebagainya. Informasi di kalimat pembuka atau penutup pada sebuah film disebut dengan titles atau credit.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat dan mengedit sebuah film di WMV
1. Siapkan terlebih dahulu film hasil rekaman milikmu sendiri. File-file tersebut bisa berupa video atau salinan gambar dan foto.
2. Untuk menyisipkan video rekaman, klik Import picture di dalam Movie Tasks Pane. Jika yang ingin kamu sisipkan berupa gambar atau foto, pilih Import Pictures. Sebaliknya, jika kamu ingin menambahkan suara atau musik untuk film mu klik Import Audio or music.
3. File yang kamu pilih tadi akan muncul di Collections Pane. Berikutnya, klik ikon Show Storyboard, untuk memunculkan tampilan Storyboard. Klik, tahan, dan geser file yang ada di Collections pane ke dalam kotak storyboard.
4. Pindahkan posisi ke tampilan Show Timeline, untuk memangkas (baik memanjangkan atau memendekkan) klip.
5. Jika kamu ingin menyisipkan titles atau credit, klik Make titles or credits di menu Edit Movie. Akan muncul beberapa pilihan di mana kamu ingin meletakkan titles.
6. Tekan tombol Play untuk menjalankan video. Simpan file projekmu. Pilih File. Klik Save Project. Beri nama filemu. Semua file movie akan disimpan secara otomatis di folder My Videos. Klik Save.
6. Untuk menyimpan dalam format movie, pilih menu File. Klik Save Movie File. Akan muncul jendela Save Movie Wizard. Pastikan ada di pilihan My Computer. Klik Next. Next. Tunggu sampai proses pembuatan video selesai. Klik Finish jika telah selesai. Oya, jangan lupa memberi tanda centang pada pilihan Play movie When I click Finish, untuk menjalankan movie secara otomatis. Player Windows Media Player akan secara langsung menjalankan movie mu.
7. Mudah, bukan? šŸ™‚

Sekilas Animasi:
Jika kamu ingin membuat potongan gambar yang seolah bergerak sendiri (animasi) kamu bisa membuat gambar seperti kamu membuat flip book. Masih ingat apa itu flip book? Flipbook adalah kreasi animasi bergerak. Atau lebih mudahnya pernahkah kamu membuat susunan gambar dari lembaran kertas yang ditumpuk dan kemudian ketika digerakkan secara cepat gambar seolah bergerak? Nah, itulah yang dimaksud dengan animasi. Animasi adalah kegiatan menggerakkan benda mati.

Lihat contohnya di sini

Kamu juga bisa melihat contoh kreasi animasi yang Ibu buat dengan program animasi Pivot dan difilmkan dengan menggunakan program Windows Movie Maker seperti di bawah ini.

Kamu bisa mengganti program animasi di atas dengan gambar tangan. Lembaran gambar itu lah yang nanti dapat kalian sisipkan sebagai pictures dan atur kecepatannya sehingga didapatkan animasi yang kamu inginkan. Berani mencoba sendiri? Pasti bisa ya. Nanti kalau ada kesulitan kalian boleh bertanya.

Selamat mencoba šŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *