Mengedit Toko Online

Jika kamu mengalami kesulitan unuk mengedit toko online seperti yang telah dijelaskan di artikel sebelumnya di sini, maka di bawah ini akan dipaparkan cara lainnya.

1. Menghapus menu pada tampilan situs di bawah ini.

menu

a. Masuk ke akun blogger. Piih Template. Klik Edit HTML.
menu1

b. Klik mouse di dalam kotak HTML. Blok dan salin (copy) seluruh skrip HTML. Buka program pengolah kata (MS Word) lalu Paste.
menu2

c. Selanjutnya, tekan tombol Ctrl+F atau klik ikon Find untuk menampilkan kotak Search di program MS Word.

c. Ketikkan tulisan di tampilan toko online yang ingin kamu ubah atau hapus. Misalnya kita akan menghapus menu Contact Us. Ketik Contat Us di kotak search. Tekan Enter. Skrip HTML akan memberi penanda pada teks Contact Us.
menu3

d. Hapus skrip HTML yang memuat isi Contact US. Hapus bagian skrip yang di-blok.
menu4

e. Blok seluruh skrip, copy dan paste kembali di kotak HTML di akun toko online mu. Kemudian, pilih menu Pratinjau Template untuk melihat hasilnya. Jika hasil edit benar maka akan muncul tampilan toko online yang baru. Perhatikan, pada gambar di bawah maka menu Contact Us sudah hilang (ditandai oleh lingkaran merah).
menu5

f. Jangan lupa untuk mengeklik menu Simpan Template ya.
g. Untuk memeriksa apakah perubahan berhasil atau tidak refresh kembali toko online mu.

Mudah, bukan? Oya, kamu juga bisa langsung mengedit skrip HTML di kotak HTML toko online tanpa harus membuka program MS Word. Caranya, klik mouse di kotak HTML dan tekan tombol Ctrl+F untuk menampilkan kotak Search di dalam kotak edit HTML seperti tampak pada gambar di bawah ini.
menu6

Bagaimana kalau ingin menambahkan atau mengubah URL ataupun mengubah tulisan pada sebuah menu? Lakukan cara yang sama dan kamu bisa mengedit tulisan yang diinginkan.
Saran: ada baiknya kamu memahami struktur penulisan HTML agar dapat lebih mudah mengedit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.